Pemerintah Kota Surakarta
Wakil Walikota Resmikan Kampung KB COE (Center Of Excellence)
  November 26, 2019 10:14

Selasa (26/11/2019) Wakil Walikota Surakarta Achmad Purnomo meresmikan Pencanangan Kampung KB COE (Center Of Excellence) di RW XII Kelurahan Pucang Sawit. Acara dihadiri Kepala OPD Pemerintah Kota Surakarta, Anggota DPRD kota Surakarta, warga kelurahan Pucang Sawit RW XII dengan  diawali pemotongan bunga di Gapura Kampung KB  RW XII Pucangsawit .

Kepala dinas Pengendalian Penduduk dan KB Surakarta Purwantu menyampaikan pencanangan Kampung KB Pucangsawit sebagai percontohan COE (Center Of Excellence) bahwa Kampung KB Pucang Sawit yang diinisisai RW XII dicanangkan 22 November 2016 oleh kepala Pusat BKKBN saat ini telah mampu mengimplementasikan 8 fungsi Keluarga dengan menggerakkan seluruh potensi  yang ada di masyarakat dan intervensi dari berbagai OPD dan menjalin kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi dari STIKES AISYIYAH, UNS, dan UNSA.

Kampung KB Pucang sawit sudah menghadirkan inovasi-inovasi diantaranya adalah pengelolaan Rumah data Kampung KB dengan sistem teknologi berbasis aplikasi, sudah dikembangkan sarana pojok pintar ayo ikut KB 2 anak cukup sebagai penyedia tempat  informasi tentang KB, untuk meningkatkan pendapatan keluarga di wilayah kampung kb Pucang Sawit sebagai pusat kerajinan lambang Garuda yang sudah dipasarkan secara online, dan lain sebagainya.

Kampung KB menjadi salah satu inovasi strategis untuk mengimplementasikan kegiatan kegiatan prioritas secara utuh di tingkat wilayah, sekaligus sebagai implementasi modeling dalam penanggulangan kemiskinan dengan manajemen keroyokan, karena dikampung KB ini telah di intervensi dari berbagai aspek, baik aspek kesehatan, pendidikan, ekonomi, infrastruktur, sosial budaya, dan agama sehingga kampung KB ini merupakan wilayah binaan dari berbagai OPD.

Dalam sambutanya Wakil Walikota menyampaikan Pemerintah Kota Surakarta memberikan apresiasi atas pencanagan Kampung KB Pucangsawit sebagai Kampung KB Percontohan. Pencanagan ini diharapkan dapat meningkatkan peran aktif masyarakat dalam menjaga program KB agar memberikan dampak yang luas baik tingkat provinsi maupun nasional.

“Mari jadikan pencanangan hari ini sebagai momentum untuk memperkuat rasa kebersamaan antar warga masyarakat dan berperan aktif diberbagai kegiatan dalam rangka membangun kampungnya untuk terwuiudnya keluarga kecil bahagia dan sejahtera demi masyarakat Solo yang Waras, Wasis, Wareg, Mapan dan Papan,” ungkapnya.

Uswatun Hasanah
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

19

Visitors today

10

Visits total

425,375

Visitors total

330,694

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta