Pemerintah Kota Surakarta
Panembahan Panuwun Refleksi Akhir Masa Jabatan
  February 16, 2021 23:23

Pemimpin adalah pelayan, sebuah kalimat yang selalu mendasari setiap tindakan yang dilakukan oleh Walikota dan Wakil Walikota Surakarta. Dengan prinsip LURIK melayani masyarakat tanpa memandang jabatan, profesi, dari mana asalnya, semuanya sama dalam mendapat pelayanan. Dengan dasar dan komitmen tersebut, menghasilkan pemimpin yang dicintai dan di hormati masyarakatnya. Selasa, 16 Februari 2021, di Pendhapi Gedhe Balaikota Surakarta menjadi hari terakhir Walikota dan Wakil Walikota Surakarta melayani di Pemerintahan Surakarta.

Acara “Panembahan Panuwun” merupakan puncak dari rangkaian acara yang diselenggarakan sebelumnya seperti sonjo warga di 5 kecamatan di Kota Surakarta sebagai wujud terimakasih masyarakat Surakarta terhadap Walikota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo dan Wakil Walikota Achmad Purnomo yang memimpin Kota Surakarta selama 2 periode. Acara dilaksanakan secara offline dan online.

Lagu “Sang Pelayan” ciptaan Ibu Ina yang dibawakan oleh Elizabet Sudira merupakan sebuah gambaran kepemimpinan yang dilaksanakan oleh walikota dan wakil walikota dimana semangat dan dukungan dari masyarakat merupakan sumber kekuatan mereka dalam melayani meskipun banyak halangan dan rintangan yang dihadapi dalam memimpin Kota Surakarta.

Sekda Surakarta dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas dedikasinya kepada Pemerintah Surakarta dan masyarakat dengan Slogannya Wasis, Waras, Wareg, Mapan, dan Papan ( 3WMP) dengan 5 mantapnya (Mantap Kejujuran, Mantap Kedisiplinan, Mantap Pelayanan, Mantap Organisasi, dan Mantap Gotong Royong) yang selalu ditekankan kepada ASN dan masyarakat. Ahyani berharap, meskipun Pak Rudi dan Pak Purnomo sudah tidak lagi menjabat sebagai pemimpin kota Surakarta, tetap melayani dan mendukung pemerintahan yang baru.

Walikota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo menekankan, ”Tetap terapkan LURIK( Lurus dalam Pelayanan, dan Ikhlas dalam pelayanan),5 Mantap (mantap Kejujuran, Mantap Kedisiplinan, Mantap Pelayanan, Mantap Organisasi, dan Mantap gotong royong)), JOGLO ( Jejeg Ora Goyah lan Ora Gureh) serta bermental PION ( Pegawai yang Idealis, On the track,dan Nasionalis) demi mewujudkan Kota Surakarta yang aman, nyaman, dan aman”. “saya mengucapkan terimakasih untuk dukungannya selama mengabdi melayani di Perintahan Surakarta, dan meminta maaf jika ada salah atau hal yang kurang berkenan kepada para ASN dan masyarakat, serta berharap para ASN dan Masyarakat untuk tetap mendukung pemerintahan yang baru dengan prinsip yang selama ini sudah dilakukan” ujarnya.

Achmad Purnomo secara pribadi juga mengucapkan terimakasih dan permintaan maaf apabila ada kesalahan atau kekurangan selama memimpin dan melayani Masyarakat di kota Surakarta, dan berpesan untuk tetap menjaga keharmonisan dan mendukung pemerintahan yang baru demi mewujudkan Kota Surakarta sebagai kota yang layak huni. “saya dan pak Rudi berkomitmen akan tetap melayani masyarakat meskipun sudah purna tugas”.

Di acara panembahan panuwun ini, para pimpinan OPD dan juga Muspida kota Surakarta memberikan kenang-kenangan baik itu berupa Pion emas, lukisan, dan tarian.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

31

Visitors today

21

Visits total

425,356

Visitors total

330,684

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta