Pemerintah Kota Surakarta
Walikota Gibran Tinjau Pintu Air Demangan
  April 1, 2021 16:25

SURAKARTA – Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, Kamis Sore (1/4/2021) meninjau Pintu Air Demangan. Dalam inspeksi Mendadak nya, beliau memberikan masukan terkait pembangunan pintu air.

Diharapkan pembangunan pintu air sebagai pengendali banjir di Kota Surakarta yang dikerjakan BBWS ( Balai Besar Wilayah Sungai) Bengawan Solo segera terealisasi)

“Saya berharap revitalisasi Pintu Air Demangan segera selesai sehingga bisa segera dinikmati manfaatnya. Pintu Air Demangan bisa juga sebagai objek wisata dan sarana olahraga dengan joging track,” katanya.

Gibran juga menambahkan, untuk lampu penerang bisa didesain dengan lampu klasik seperti di Mangkunegaran.

Sementara menurut penjelasan PPK Yudi Triana Dewi dari BBWS, pembangunan kembali Pintu Air Demangan tahap kedua ini  masih menyasar konstruksi pintu air, mekanikal elektrikal, rumah pompa, rumah jaga, rumah genset, revetment, dan lansekap.

“Masih ada kendala adanya 3 rumah di RW 13 Kelurahan Sangkrah yang sangat dekat dengan pintu air yang harus direlokasi,” katanya.

Pelaksana proyek tahap pertama telah menyelesaikan struktur fondasi beton untuk pintu air dan pompa. Anggaran tahap pertama Rp41 miliar sedangkan tahap kedua sesuai kontrak senilai Rp71 miliar. Tahap kedua telah dimulai sejak  2 Oktober dan diharapkan selesai 25 Desemberer 2021.

Pompa yang akan dibangun berkapasitas mesin air 12,5 meter kubik/detik. Kapasitas tampungnya bertambah menjadi 30.000 meter kubik.

Terdapat tiga pintu dengan enam unit mesin pompa air. Pintu air tersebut didesain modern dengan dilengkapi sensor pengaturan ketinggian air otomatis. Pemanfaatan pintu air untuk mengatur elevasi Kali Pepe yang bermuara ke Sungai Bengawan Solo. Total pompanya enam, namun salah satunya untuk cadangan. Sehingga kapasitas mesin pompanya 15 meter kubik/detik.

Perlu diketahui, Walikota Gibran saat berjalan cukup jauh menuju lokasi Pintu Air Demangan, membagikan masker pada warga yang ditemui sambil meminta warga untuk memakai masker apabila di tempat umum.

Selain itu, Walikota membagikan sejumlah buku pada anak – anak dan warga yang antusias menyambut orang nomor satu di Kota Surakarta ketika mengetahui kedatangannya.

Agnia Primasasti
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

231

Visitors today

184

Visits total

380,827

Visitors total

298,053

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta