Akselerasi Vaksin Di Solo Paragon Ditutup Wakil Walikota, 10.060 Warga Menerima Vaksin Dosis Pertama / Kedua
August 28, 2021 10:25
Pemerintah Kota Surakarta Menerima Bantuan Oksigen Cair Dari Kamar Dagang dan Industri Pusat
August 30, 2021 13:15

Tirtonadi Jadi Percontohan Nasional Revitalisasi Terminal Tipe A Di Tanah Air

SURAKARTA – Terminal Tirtonadi Surakarta menjadi percontohan nasional revitalisasi terminal tipe A. Hal tersebut disampaikan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi didampingi Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka dalam kunjungan kerjanya meninjau progres pembangunan sarana pelengkap terminal di lantai 2 berupa convention hall, sport centre dan food court, Sabtu (28/8/2021).

“Kami memastikan pembangunan Tirtonadi akan kita jadikan contoh bagaimana melakukan revitalisasi fungsi terminal. Fungsi – fungsi apa yang dikolaborasikan dengan transportasi pool atau terminal bis,” kata Budi Karya.

Menurutnya, Terminal Tirtonadi memiliki keunikan dengan adanya sky bridge atau jembatang layang yang menghubungkan dengan Stasiun Kereta Api Balapan dan terhubung dengan Bandara sehingga menjadi superhub.

Sarana pelengkap berupa convention hall, food court dan sport centre diharapkan menjadi pusat kegiatan baru di Kota Surakarta dan melengkapi yang sudah ada.

Tirtonadi diharapkan menjadi contoh pengembangan terminal tipe A yang lain.

Diharapkan september sarana tersebut selesai dan bisa segera digunakan.

Sementara, Gibran mengharapkan lantai 2 Terminal Tirtonadi bisa menjadi tempat kegiatan ekonomi dan menjadi hub nya warga Kota Surakarta dan sekitarnya.

“Ketika dibuka pada bulan September nanti harapannya bisa menjadi triger percepatan ekonomi di Kota Solo. Sekali lagi, tempat – tempat seperti ini bisa mendatangkan crowd. Semoga pandemi cepat selesai dan fasilitas yang terbangun bisa dimanfaatkan secara maksimal,” Jelas Gibran.

Diketahui, pembangunan sarana covention hall, food court dan sport center di lantai 2, Terminal Tirtonadi menghabiskan anggaran Rp. 48,31 milyar di atas lahan seluas total area 3,3 hektar dengan luas area pekerjaan 9.345 meter persegi.

Sebelum melakukan inspeksi ke Terminal Tirtonadi, Menhub Budi Karya meninjau Stasiun Balapan dan melewati sky bridge menuju Tirtonadi.

Selain meninjau convention hal, food court dan sport center serta fasilitas lain, Budi Karya dan Walikota Gibran memberikan bantuan secara simbolis sembako pada para awak Terminal Tirtonadi.

Comments are closed.