Pemerintah Kota Surakarta
Hadiri Audiensi Konsorsium Dunia Usaha, Industri, Dunia Kerja, Gibran Apresiasi Berdirinya Laboratorium Multimedia CSR Astra dan Sinarmas
  September 9, 2021 13:25

SURAKARTA-Gibran Rakabuming menghadiri Audiensi Konsorsium Dunia Usaha, Industri dan Dunia Kerja (Dudika). Audiensi dihadiri oleh Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Wikan Sakarinto, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, perwakilan perusahaan yang tergabung dalam konsorsium dan diikuti oleh Kepala Sekolah SMK 2, 5, 6 Surakarta, bertempat di SMK 2, Kamis (9/9).

Pada kesempatan ini, Gibran Rakabuming mengapresiasi berdirinya ruang laboratorium multimedia yang merupakan bantuan bakti sosial dari perusahaan Sinarmas dan Astra.

“Bapak, Ibu, saya berterima kasih atas bantuannya, ini sudah jadi yang di SMK 2, SMK 5, SMK6. Ini butuh uluran tangan, kerja sama dan sentuhan dari industri, terima kasih atas bantuannya untuk pendidikan di Kota Solo” ujarnya.

Selain itu, Walikota menyampaikan memadainya sisi infrastruktur harus diimbangi dengan faktor sumber daya manusia (SDM).

“Tentu semuanya juga harus diimbangi dengan peningkatan skill SDMnya” tambahnya

Usai audiensi, Walikota Surakarta beserta rombongan melakukan peninjauan di laboratorium multimedia di kawasan SMKN 2. Beliau berharap SMK yang lain juga mulai diperhatikan dan siswa-siswi SMK kelak bisa memenuhi permintaan dunia usaha dan dunia industri.

“Harapannya SMK-SMK lain disentuh juga. Kami tidak ingin SMK jadi pabrik pencetak pengangguran. Selesai sekolah bisa langsung bekerja, tidak perlu di training lagi, selesai sekolah bisa langsung jadi wirausahawan” tambahnya.

Sementara itu, Dirjen Kemendikbud Ristek, Wikan Sakarinto menyampaikan akan mendorong sekolah SMK menuju pembelajaran berbasis industri.

“Kami menunggu ‘teaching factory’ yang lebih ‘link and match’. Bagaimana menggerakkan ekosistem kreatif sehingga bisa menghasilkan produk unggulan bangsa”  jelasnya.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

425,383

Visitors total

330,699

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta