Wakil Walikota Teguh Prakosa Berangkatkan Sepeda Motor Penyaluran Bansos Atase AKABRI 1996
September 23, 2021 09:41
Literasi Dan Digitalisasi Perpustakaan Bakal Terus Dikembangkan Di Kota Surakarta
September 24, 2021 10:05

Launching Inovasi Teman Akses Gardagita

Surakarta – Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming menghadiri Launching Inovasi Teman Gardagita (Strategi Pemanfaatan dan Aksesibilitas Cagar Budaya dengan digitalisasi di Kota Surakarta) di Rumah Dinas Walikota Surakarta bersama dengan Kepala Dinas Kebudayaan, Budayawan, Ketua Dewan Kesenian Surakarta, dan jajaran lainnya di Loji Gandrung, Kamis (23/9).  Launching Inovasi Teman Akses Gardagita ini merupakan Strategi Pemanfaatan dan Aksesibilitas Cagar Budaya dengan Digitalisasi di Kota Surakarta. 

Walikota Surakarta menyambut baik inovasi Teman Akses Gardagita sebagai upaya mengenalkan budaya kepada generasi muda dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan digitalisasi.

“Inovasi ini diharapkan dapat mengenalkan cagar budaya kepada generasi muda dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Semoga warga Solo dapat memanfaatkan dan mengetahui cagar budaya dengan digitalisasi dan mensejahterakan masyarakat serta mewujudkan Solo sebagai Smart Culture,” ungkapnya.

Kepala Dinas Kebudayaan, Agus Santoso menyebutkan bahwa perkembangan zaman menjadikan masyarakat hidup jauh lebih modern. Digitalisasi dikembangkan oleh pemerintah untuk semua sektor kehidupan masyarakat. Smartphone telah menjadi bagian hidup masyarakat karena menjadi suatu kebutuhan. 

“Di era milenial ini kita harus mengikuti perkembangan zaman, makannya cagar budaya di Solo dapat kita akses secara online. Kita masukkan di Solo Destination. Ini lebih memudahkan, ini tuntutan zaman,” ucap Agus Santoso MM selaku Kepala Dinas Kebudayaan Surakarta. 

Agus Santoso mengatakan bahwa dalam aplikasi Solo Destination ini terdapat beberapa informasi mengenai wisata budaya dan cagar budaya serta beberapa informasi lainnya.

“Disana (Solo Destination) wisata budaya ada, cagar budaya ada, informasi budaya nanti bisa dilihat disana langsung. Memang baru Kecamatan Laweyan dan Pasar Kliwon nanti akan kami proses terus,” imbuhnya Agus.

Setelah pelaunchingan  Inovasi Teman Akses Gardagita ini, dilanjutkan dengan penyerahan modul pemanfaatan cagar budaya kepada Gusti Dipo Kusumo seorang budayawan dan Ketua Dewan Kesenian Surakarta, Blacius Subono. 

Comments are closed.