Pemerintah Kota Surakarta
Apel Nataru, Surakarta Koordinasi Pengamanan Akhir Tahun
  December 13, 2021 09:55

SURAKARTA – Pemerintah Kota Surakarta, Senin (13/12/2021) menggelar Apel Kesiapan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 dalam rangka mengantisipasi penyebaran Covid 19 yang diperkirakan bisa timbul dengan datangnya para pemudik ke wilayah Jawa tengah khususnya Kota Surakarta.

Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka selaku pembina upacara dalam amanat sekaligus arahannya mengatakan, dalam hitungan hari akan memasuki masa pelayanan natal 2021 dan Tahun Baru 2022 dari 24 Desember 2021 hingga Januari 2022.

Berdasarkan hasil survei badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan menunjukkan bahwa jumlah perjalanan pada masa libur Natal dan Tahun baru diperkirakan melibatkan sebanyak 19.976. 269 orang. Dari jumlah tersebut 24,15 % atau sekitar 4.825. 000 orang akan melakukan perjalanan dengan tujuan ke wilayah Jawa Tengah.

“Kota Solo menjadi salah satu daerh di Jawa Tengah yang tidak pernah sepi dari daftar kunjungan pelaku baik sebagai kota transit maupun tujuan akhir bagi pemudik,” kata Gibran.

Diharapkan jajaran Pemerintah Kota Surakarta mampu memberikan pelayanan terbaik pada masa Natal 2021 dan tahun Baru 2022 dengan upaya – upaya sebagai berikut, strategi pengendalian transportasi darat angkutan natal 2021 dan Tahun Baru 2022 dengan melakukan random cek dokumen persyaratan perjalanan berupa dokumen vaksin dosis, hasil negatif antigen serta aplikasi peduli lindungi; random check di perbatasan Kabupaten Kota dilaksanakan dengan koordinasi bersama TNI dan Polri; jika terdapat pelaku perjalanan yang belum divaksin atau belum tes antigen agar diarahkan pada pos pelayanan untuk dilakukan vaksinasi atau antigen dan tidak diperbolehkan putar balik; jika random tes antigen menunjukkan hasil positif atau relatif agar segera berkoordinasi dengan Satuan Gugus Tugas penanganan Covid daerah setempat.

Selain itu, juga diterapkan manajemen rekayasa lalu lintas yang dilakukan sesuai kondisi dan kebutuhan serta dikoordinasikan secara bersama – sama dengan stakeholder terutama di titik – titik jalan yang menjadi jalan alternatif, jalan atau wilayah yang sedang mengalami pembangunan agar senantiasa dipantau dan dievaluasi manajemen rekayasa lalu lintasnya secara berkala untuk mengantisipasi masalah sebelum menjadi viral di masyarakat.

“Saya ucapkan Terima Kasih atas respon terhadap penanganan laporan kondisi jembatan di jalan Suryo yang merupakan jalan alternatif selama pembangunan Jembatan Jonasan di Jalan Juanda,” ucap Walikota Gibran.

Diharapkan kinerja yang baik tersebut terus menjadi kebiasan yang baik di jajaran Pemkot Surakarta dalam melayani masyarakat.

Pengawasan terhadap orang juga diinstruksikan Walikota saat berada di lokasi wisata. Hal tersebut perlu menjadi perhatian karena Kota Solo merupakan tujuan destinasi pariwisata favorit sehingga peningkatan mobilitas orang di lokasi pariwisata adalah tantangan di masa pandemi agar berjalan tertib dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Walikota meminta pada para petugas untuk menyiapkan mental dan fisik selama pelayanan masa Nataru untuk menjaga kesehatan dan menunaikan tugas sebagai ibadah dan untuk meningkatkan kepekaan dan waspada dimana saja bertugas.

Walikota meyakini jajaran Pemkot Surakarta mampu memberikan pelayanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 dengan baik dan profesional dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan

Sementara pimpin apel yang juga Kepala Dinas Perhubungan Kota Surakarta, Hari Prihatno menjelaskan, sesuai Instruksi Mendagri No 62 tahun 2021, tentang pencegahan dan penanggulangan Coronavirus disease 2019 pada saat Natal 2021 dan Tahun baru 2022, telah diadakan rakor dari Pusat sampai daerah yang melibatkan kemenhub, dishub prov dan polda jateng. Sehingga diperlukan pemantauan Natal 2021 dan tahun Baru 2022.

Pemantauan tersebut dimulai dengan digelarnya apel mempersiapkan pengamanan di Halaman Balai Kota Surakarta.

Dinas perhubungan Kota Surakarta mengadakan rekayasa manajemen dan rekayasa lalu lintas pada lokasi rawan macet, lokasi wisata dan lokasi rawan bencana serta penerapan kebijakan disiplin lalu lintas yang tepat sesuai kebutuhan. Pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan patroli kota, pemantauan sarana dan prasarana perhubungan, pemanduan parkir, layanan derek gratis serta pemantauan melalui CC ( Central Control ) Room.

Selain itu juga dengan pelaksanaan random sampling bagi pelaku perjalanan darat sesuai petunjuk teknis yang berlaku. 

Satpol PP melaksanakan patroli untuk melihat kondisi kota dan mengantisipasi gangguan umum  dan pengawasan pelaksanaan protokol kesehatan serta melaksanakan monitoring kewilayahan, kelurahan, tempat hiburan, mall dan pusat kegiatan masyarakat lainnya.

BPPD melakukan patroli antisipasi tanggap bencana serta menghimbau pada masyarakat menghindari potensi pohon tumbang dan genangan air pada ruas jalan.

Dinas Pemadam Kebakaran melaksanakan siaga dengan melakukan penebalan personil serta menyiapkan personil dan armada di Benteng Vastenburg.

Dinas Kesehatan melaksanakan fasilitasi Pos Pelayanan Kesehatan dan random sampling bagi pengemudi.

Dinas PUPR mengantisipasi kerusakan jalan dan kerusakan penerangan jalan umum serta siap menyelesaikan pekerjaan fisik jalan dan jembatan guna kesiapan natal dan tahun baru.

Dinas Lingkungan hidup melaksanakan siaga personil untuk antisipasi pohon tumbang dan mengoperasionalkan fasilitas Rekso Ratan ( mobil penyapu jalan ), Germosa, dump truck serta menyiapkan siaga kebersihan di ruas jalan.

Apel bersama kesiapan pelayanan natal bersama 2021 dan tahun Baru 2022, Pemerintah Kota Surakarta diikuti 100 personil antara lain Dinas Perhubungan 1 regu 15 personil, mobil skywalker, 1 unit mobil derek, truk siaga rambu, mobil patroli dan 15 sepeda motor patroli; Dinas Pemadam Kebakaran menghadirkan 15 personil, 1 unit damkar;Badan Penanggulangan Bencana mengikutkan 1 regu 15 personil, 1 unit mobil double cabin, 1 truk, 3 sepeda motor operasional; Satpol PP menyertakan 1 regu Satpol, 1 unit mobil patroli, 1 unit mobil truk, 1 unit double Cabin dan 3 sepeda motor; Dinas Kesehatan menghadirkan 15 personil, 2 unit mobil ambulan; Dinas Pekerjaan Umum mengikutkan 1 regu, mobil skywalker dan 1 unit truk; Dinas Lingkungan Hidup mengikutkan 1 regu, 1 mobil skywalker dan 1 rekso ratan dan 5 sepeda motor operasional.

Agnia Primasasti
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

242

Visitors today

191

Visits total

380,838

Visitors total

298,060

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta