Pemerintah Kota Surakarta
Walikota Surakarta, Hadiri Groundbreaking Ceremony Pembangunan Jalur Ganda Kereta Api Solo Balapan – Kalioso dan Rekayasa Lalu Lintas Simpang Joglo
  January 8, 2022 11:50

Surakarta-Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming menghadiri Groundbreaking Ceremony Pembangunan Jalur Ganda Kereta Api Solo Balapan – Kalioso dan Rekayasa Lalu Lintas di Simpang Joglo Kota Surakarta, Sabtu (08/01/2022). Proyek Pembangunan rel layang Joglo di Kota Surakarta resmi dimulai. Acara ground breaking ditandai dengan penekanan tombol sirine yang dilakukan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming, dan Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Hedy Rahadian. Kemudian bagian belakang panggung terbuka dan ekskavator mulai bergerak simbol dimulainya pembangunan.

Jalur ganda Kereta Api Solo – Semarang Fase 1 ditargetkan selesai pada tahun 2023. Rincian pengerjaan pembangunan jalur ganda Kereta Api at grade sepanjang 8,27 kilometer, pembangunan jembatan/elevated track sepanjang 1,73 km, pengadaan bantalan beton sebanyak 3.740 batang (termasuk penambat elastis R-54) dan sistem persinyalan elektrik.

Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming mengatakan, Pemerintah Surakarta telah melaksanakan sosialisasi dan koordinasi dengan masyarakat sekitar termasuk dampak yang mungkin timbul akibat dari pembangunan elevated rel ini.

“Diharapkan nantinya untuk mengurangi mengurai kemacetan serta akan menambah pergerakan kegiatan ekonomi terutama di Solo wilayah utara. Selain itu elevated rel ini akan menjadi solusi permasalahan banjir dengan dibangunnya saluran drainase yang akan mengalirkan air menuju Kali Anyer.” Jelasnya.

Walikota Surakarta menambahkan pembangunan rel layang ini sangat kompleks dan membutuhkan waktu yang lama sehingga harus terus dikawal sampai pembangunannya selesai. 

“Saya berharap groundbreaking dapat berjalan dengan lancar dan pada akhirnya elevated rel menjadi ikon baru Kota Solo,” jelasnya.

“Terima kasih bapak/ibu atas dukungan yang diberikan saya yakin ketika nanti pembangunan rel ini selesai kemacetan dan kepadatan lalu lintas sekitar bisa terurai serta mengangkat kegiatan ekonomi yang ada di Kadipiro, Gilingan, Nusukan, Banjarsari dan semua warga sekitarnya,” pungkasnya.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

11

Visitors today

7

Visits total

425,607

Visitors total

330,827

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta