Pemerintah Kota Surakarta
Wisata Edukasi di Kampung Batik Laweyan
  January 21, 2022 15:23

Surakarta-Kota Solo dikenal masyarakat luas sebagai Kota Budaya, Kota penuh dengan spirit Kebudayaan dan memiliki banyak destinasi wisata yang menyenangkan.  Salah satu tempat wisata yang menarik di Solo adalah Kampung Batik Laweyan. Batik Laweyan berkembang sebelum abad 15 M semasa pemerintahan Sultan Hadiwijaya (Joko Tingkir) di Keraton Pajang. Saat itu para pengrajin batik laweyan mulai membangun industri batik tulis dengan pewarna alami sehingga desa laweyan terus berkembang menjadi kawasan penghasil batik yang tertua di Indonesia. 

Seiring perkembangan jaman, Batik Laweyan berkembang menjadi kawasan wisata yang menyuguhkan karya terbaik dan menjadi penghasil batik terbaik di Kota Solo. Selain menjadi tempat wisata dan tempat berburu batik berkualitas, kampung laweyan nyatanya juga menyediakan wadah untuk siapa saja yang mau belajar memahami dan membuat batik. 

Bagi yang tertarik untuk mencoba praktek membuat batik, Kampung batik Laweyan menyediakan paket kursus batik singkat yang bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam. Peserta kursus dapat belajar membuat pola, membatik dan mewarnai dengan teknik colet/tolet. Setelah puas belajar membatik hasil karya batik yang sudah dibuat di sana pun bisa langsung dibawa pulang sebagai kenang-kenangan yang unik  dari Kampung Batik Laweyan. Bagaimana menarik bukan? Kamu bisa mencoba wisata batik Laweyan bersama keluarga.

Agnia Primasasti
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

227

Visitors today

180

Visits total

380,823

Visitors total

298,049

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta