Pemerintah Kota Surakarta
Pergi ke Solo? Yuk Wisata Belanja Dulu ke Pasar Legendaris Solo
  January 21, 2022 17:44

Sudah jauh-jauh ke Solo tapi tidak belanja? Rasanya tentu ada yang kurang karena di Kota Batik ini, ada banyak pasar legendaris yang perlu disambangi karena ada banyak oleh-oleh yang bisa dibeli dengan harga yang tentu bersaing. Tidak harus membeli oleh-oleh, sekadar jalan-jalan dan mengambil foto di pasar legendaris juga bisa menjadi pilihan karena pasar tradisional selalu memiliki cerita dan khasnya masing-masing. Apalagi dengan kondisi pasar tradisional Kota Solo yang tertata rapi dan bersih tentu bikin makin nyaman berlama-lama di pasar yang memiliki khas seperti pasar barang antik, pasar pakaian, hingga pasar makanan.

         Berbicara mengenai pasar legendaris, Kota Solo memiliki rekomendasi lima pasar tradisional yang wajib dikunjungi saat berwisata ke Solo. Simak ulasannya berikut ya!

1.     Pasar Gede atau Pasar Gede Hardjonagoro

Di pasar ini hampir sebagian bear kiosnya beroperasi selama 24 jam maka pasar ini juga lekat dengan istilah pasar gedhe mboten sare atau berarti pasar gedhe tidak pernah tidur. Pasar yang berlokasi di Jalan Jenderal Urip Sumoharjo, Sudiroprajan, Jebres, Surakarta ini diresmikan oleh Paku Buwana X pada 12 Januari 1930. Yang menarik di pasar ini yaitu banyaknya kuliner khas yang dijual khususnya es dawet selasih yang menjadi primadona di pasar ini. Dengan harga Rp8.000 jajanan khas ini bisa dinikmati di tengah dahaga saat panas mulai menyerang. Namun tak hanya dawet saja yang bisa ditemukan di pasar ini, jamu, buah, kopi, pakaian, sayuran sehat, bumbu, teh oplosan, dan kebutuhan lainnya juga bisa ditemukan di pasar ini jika ingin sekalian berbelanja. Di lantai dua juga kuliner seperti jajanan dimsum, kopi, dan tengkleng juga bisa ditemukan dengan pemandangan jalanan yang indah.

2.     Pasar Pagi Klitikan Notoharjo

Pasar klitikan yang identik dengan pasar barang bekas, pasar yang berlokasi di Jl. Sungai Serang I No.313, Mojo, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta ini juga menjual berbagai barang bekas yang berkualitas mulai dari barang elektronik, peralatan rumah tangga, hingga pakaian semua dijual di sini. Jangan takut menawar karena di pasar ini kamu bebas menawar hingga mendapat harga kesepakatan yang pas dengan penjual.

3.     Pasar Klewer

Pasar yang sangat terkenal dan sangat lekat dengan Kota Solo ini berada di Jl. DR. Radjiman, Gajahan, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta. Segala jenis batik menjadi barang khas yang sering diburu di pasar ini. Baik grosir maupun eceran semuanya bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau.

4.     Pasar Triwindu

Pasar yang berlokasi di sekitar Pura Mangkunegaran atau tepatnya berlokasi di Jl. Diponegoro, Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta ini menjual berbagai barang antik. Segala barang kuno bisa ditemui dan didapatkan di pasar ini. Pasar ini didirikan pada tahun 1939 untuk memperingati 24 tahun pemerintahan Mangkunegara VII. Tak jarang Pasar Triwindu kerap dijadikan tempat foto karena memiliki nuansa klasik.

5.     Pasar Keris dan Cenderamata Alun-alun Utara

Ketika berjalan di sekitar Alun-alun Utara selepas berbelanja di Pasar Klewer, dengan mudah pasar ini akan ditemukan. Berlokasi di Jl. Alun Alun Utara, Kedung Lumbu, Kecamatan pasar Kliwon, Kota Surakarta pasar ini menjual berbagai jenis keris dan cinderamata yang bisa kamu miliki dengan harga yang bisa ditawar. Tak hanya keris, pakaian adat jawa hingga alat musik jawa juga dijual di pasar ini.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

27

Visitors today

15

Visits total

425,383

Visitors total

330,699

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta