Pemerintah Kota Surakarta
Sepur Kluthuk Jaladara, Ikon Kota Solo
  January 26, 2022 11:09

Kota Solo selalu menarik untuk dikunjungi wisatawan, baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Banyak pengalaman berwisata menarik di Kota Bengawan nan penuh sejarah ini. Mulai dari budaya, kuliner, sejarah serta warga yang membuat pengunjung betah berlama-lama. 

Salah cagar budaya yang patut untuk dikunjungi dan dirasakan langsung adalah dengan menaiki Sepur Kluthuk Jaladara. Sepur Kluthuk Jaladara adalah kereta uap yang masih beroperasi di Kota Solo. Beroperasi sejak penjajahan Belanda, kereta ini lalu-lalang membelah jalan protokol Kota Solo berbahan bakar kayu jati. Perlu juga diketahui bahwa Sepur Kluthuk Jaladara merupakan buatan Jerman pada tahun 1896 yang oleh Pemerintah Hindia Belanda digunakan sebagai alat transportasi jarak pendek. Nama Jaladara sendiri diambil dari nama kereta pusaka yang dihadiahkan para dewa kepada Prabu Kresna untuk membasmi kejahatan.

Dengan menarik dua gerbong, Sepur Kluthuk Jaladara ini melaju melintasi jalur protokol nan legendaris yang membelah Kota Solo menyusuri Jalan Slamet Riyadi, mulai dari Stasiun Purwosari menuju Stasiun Solo Kota yang berjarak sekitar 6 km.

Pertama kali beroperasi sebagai kereta wisata pada tanggal 27 September 2009, Jaladara ini mampu membawa penumpang merasakan suasana Kota Solo tempo dulu dengan kecepatan maksimal 50 km/jam. Awalnya, Sepur Kluthuk Jaladara menggunakan Lokomotif Uap C1218 buatan Jerman pada 1896, namun pada 6 Februari 2020, lokomotif itu diganti menggunakan Lokomotif Uap D1410 buatan Jerman pada 1921.

Adapun rute perjalanan menggunakan Sepur Kluthuk Jaladara adalah Museum Batik Danar Hadi, Plaza Sriwedari, Loji Gandrung (Rumah Dinas Walikota), Triwindu, Gladak, hingga Stasiun Kota. 

Sepur Kluthuk Jaladara Solo hanya melayani sistem carter dengan tarif Rp 3,5 juta untuk sekali trip selama tiga jam. Biaya ini dipergunakan untuk bahan bakar berupa kayu jati serta operasional masinis dan asisten masinis yang menjalankan kereta tersebut. Dengan kapasitas hingga 80 orang rasanya cukup adil untuk merasakan sensasi Kota Solo tempo dulu bersama Sepur Kluthuk Jaladara ini. Calon Pengunjung dapat melakukan reservasi terlebih dahulu dengan datang langsung ke Kantor Dinas Perhubungan Kota Surakarta di Jalan Menteri Supeno No. 7 Manahan. Calon penumpang juga bisa memesan melalui WhatsApp dengan menghubungi nomor 0856-4200-5156 atau 0896-3097-6114.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

552

Visitors today

533

Visits total

460,052

Visitors total

360,923

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta