Pemerintah Kota Surakarta
Tak Hanya Sebagai Kota Budaya, Solo juga Punya Wisata Religi
  January 27, 2022 11:15

Wisata religi tentu tak asing lagi terdengar saat ini. Beberapa kota juga mulai gencar memajukan wisata religinya sebagai salah satu upaya menggerakkan aset daerahnya di bidang pariwisata. Lalu apa sebenarnya wisata religi itu? Wisata religi sebenarnya wisata yang berkaitan dengan aktivitas ziarah baik individu maupun kelompok ke suatu tempat atau situs yang yang memiliki peran penting dalam suatu penyebaran agama. Misalkan ziarah yang dilakukan ke makam Wali Songo, itu merupakan salah satu manifestasi dari definisi wisata religi. 

Salah satu kota yang juga memiliki wisata religi yaitu Kota Solo. Tak hanya dikenal akan budaya dan kulinernya, pada wisata religi pun, Kota Solo juga punya rekomendasi tempat yang bisa dikunjungi bagi kamu yang hobi berwisata. Rekomendasi wisata religi yang bisa dikunjungi di Kota Solo akan dijelaskan sebagai berikut.

  1. Masjid Agung Keraton Surakarta

Masjid yang berlokasi tidak jauh dari Keraton Surakarta ini merupakan masjid kagungan dalem. Di sini kamu akan mendapati arsitektur masjid yang sangat kental akan budaya Jawa. Namun ada yang menarik di mana bagian luar terdapat gapura bergaya Arab-Persia. Ada keunikan dari bangunan ini di mana di sisi utara dan selatan ada pagongan yang berfungsi untuk menyimpan gamelan saat perayaan sekaten tiba. Selain itu ada yang namanya gedhang selirang yang mana lokasi ini diperuntukkan bagi abdi dalem kerajaan. 

  1. Masjid Al Wustho Mangkunegaran

Masjid yang dibangun oleh Kanjeng Gusti Adipati Mangkunegara I ini awalnya dibangun dan diperuntukkan bagi keluarga kerajaan. Namun lama kelamaan, masjid ini dibuka untuk masyarakat umum yang mana nama Al Wustho sendiri baru mulai dipergunakan pada tahun 1949. Hingga kini, masjid ini tidak ada perubahan pada bangunannya sejak awal dibangun di mana bangunan masjid ini berbentuk joglo tingkat tiga yang berarti Iman-Islam-Ihsan. Selain itu keunikan dari masjid ini yaitu adanya makis yang berarti kaligrafi yang berada pada gapura.

  1. Masjid Laweyan

Masjid yang terhitung merupakan bangunan tua namun tetap kokoh hingga saat ini merupakan salah satu destinasi wisata religi yang perlu untuk dikunjungi. Masjid Laweyan dengan ornamen yang diyakini telah berusia ratusan tahun didirikan sejak Kerajaan Pajang berdiri yang mana daya tarik dari masjid ini yaitu ornamennya yang mirip dengan kelenteng Jawa yang mana tidak akan ditemukan di masjid manapun karena ini merupakan ciri khas dari Masjid Laweyan.

  1. Masjid Dalem Kalitan

Masjid ini cukup terkenal karena merupakan masjid peninggalan Presiden Kedua RI yaitu Soeharto. Menjadi terkenal karena kepemilikannya yang lekat akan mantan presiden kedua tersebut sehingga masjid ini menjadi salah satu yang cukup menarik untuk dikunjungi. Terlebih sekitar tahun 2015, masjid ini kemudian dipugar dan diperluas dan akhirnya namanya berubah menjadi Masjid Nurul Iman dengan arsitektur khas Jawa-Arab.

  1. Masjid Solikhin

Masjid yang mudah ditemui karena terletak tak jauh dari Stasiun Balapan di daerah Jalan Gajah Mada ini merupakan masjid tertua di Kota Solo. Di dalam masjid ini terdapat prasasti aksara Jawa yang kerap dipakai hingga kini. Jika dalam Bahasa Indonesia, aksara Jawa itu berarti bahwa tanah yang digunakan yaitu tanah wakaf untuk masjid pada tahun 1954. Jika dilihat dari bangunannya, masjid ini memang bukan masjid besar nan megah, namun dilihat dari filosofinya, masjid ini memiliki filosofi yang sangat tinggi yaitu arsitektur model tajug tumpang tiga yang berarti melambangkan pada ajaran-ajaran tasawuf yaitu syari’at, tariq hot, dan ma’rifat.

Bagaimana? Tertarik untuk segera berwisata religi ke Kota Solo? Itulah beberapa rekomendasi wisata religi yang harus dikunjungi karena tak hanya untuk beribadah saja namun dalam pembangunannya serta maksud dan tujuan berdirinya masjid tersebut selalu ada makna dan sejarah yang penting pula untuk diketahui.

Agnia Primasasti
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

231

Visitors today

184

Visits total

380,827

Visitors total

298,053

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta