Pemerintah Kota Surakarta
Peresmian Pasar Legi: Pasar Digital Kota Solo
  January 22, 2022 14:59

Ketua DPR RI Puan Maharani meresmikan Pasar Legi Kota Solo pada hari ini, Kamis, 20 Januari 2022. Acara ini juga turut dihadiri oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Puan Maharani.

Dalam sambutannya, Puan menjelaskan penundaan peresmian Pasar Legi akibat pandemi COVID-19, serta mengingatkan para pedagang untuk merawat fasilitas pasar dan Pemerintah Kota Solo untuk tetap menjaga pasar supaya tetap nyaman.

Memiliki luas 16.640 meter persegi, wajah baru pasar induk ini tampak bersih dan modern dengan memiliki kapasitas bangunan pasar sejumlah 306 unit kios, 2190 los, dan plataran 700 pedagang. Jumlah ini diharapkan bisa membangkitkan kembali roda perekonomian Kota Solo.

Dalam kesempatan ini, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, juga melakukan transaksi nontunai (cashless) di salah satu lapak pedagang dan mengimbau baik pedagang maupun  pembeli menggunakan transaksi nontunai untuk transaksi pasar yang lebih efisien. Hal ini juga menjadi salah satu transformasi Pasar Legi sebagai pasar digital.

Beberapa kios di Pasar Legi dilengkapi dengan QRIS sebagai pilihan metode pembayaran nontunai. Selain untuk meningkatkan kenyamanan transaksi, hal ini juga dilakukan sebagai salah satu cara modernisasi dalam melakukan transaksi keuangan khususnya di pasar.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

4

Visitors today

4

Visits total

425,579

Visitors total

330,807

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta