Pemerintah Kota Surakarta
Satu-Satunya di Indonesia, Kota Solo Punya Radio Anak
  February 18, 2022 14:19

Kota Surakarta tidak main-main dalam mewujudkan Kota Layak Anak. Salah satu upaya yang ditempuh Pemerintah Kota Surakarta adalah mengembangkan siaran radio yang khusus ditujukan untuk pendengar anak-anak. Hal ini juga sebagai wujud kepedulian dari Pemerintah Kota Surakarta terhadap dunia anak. Radio ini bernama “Konata”, kependekan dari Komunitas Anak Surakarta. 

Radio Konata yang terletak di Diskominfo SP komplek Balaikota Surakarta ini, mulai mengudara sejak tahun 2015. Radio Konata secara khusus menyajikan konten yang disesuaikan dengan segmen anak-anak. Radio Anak Konata menjadi radio anak pertama di Indonesia. 

Penyiar yang ada di Radio Konata adalah anak-anak. Siaran di Radio Konata bisa didengarkan selama 24 jam nonstop dengan berbagai macam lagu-lagu anak dan program untuk anak. 

Program yang ada di Radio Konata antara lain, pemutaran dongeng anak yang bekerjasama dengan Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan Yogyakarta, Penayangan Rekaman Dalang Cilik. Selain itu ada program-program yang diisi secara rutin seperti, Sinau Bahasa Jawa dan Budaya Jawa untuk siswa SD dan SMP, Hasthalaku, Pramuka, Forum Anak Kota Surakarta, Forum Anak Kecamatan.

Tak cuma itu, setiap Hari Jumat pukul 13.00 WIB, diadakan acara Ngobar atau Ngobrol Bareng Konata dengan mendatangkan narasumber dari berbagai instansi dengan host Program Pelajar SMP. Tersedia hadiah menarik dan interaktif dengan telepon bebas pulsa. 

Meskipun konten-konten Radio Konata bertema anak-anak tetapi pendengar Radio Konata tidak hanya anak-anak. Para orang tua juga menjadi pendengar setianya. Karena di radio ini terdapat acara edukasi dari para ahli mengenai cara mendidik anak dan memaksimalkan potensi anak sejak dini. 

Saat ini untuk mendengarkan siaran Radio Anak Konata bisa didengarkan melalui Aplikasi Solo Destination. Siaran ini juga dapat didengarkan melalui frekuensi di 102.5 FM. Kedepannya Radio Anak Konata akan memperluas jaringan frekuensi sehingga bisa memberikan manfaat secara luas tidak hanya untuk anak di wilayah Kota Solo saja tetapi ke seluruh  Indonesia.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

425,469

Visitors total

330,745

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta