Pemerintah Kota Surakarta
Wujudkan Kota Solo Bersih dari Sampah
  February 26, 2022 10:06

Tumpukan sampah yang menggunung ditemukan di sepanjang jalan Ringroad Mojosongo, RT 02, RW 11. Selain menimbulkan bau tak sedap, sampah-sampah ini dapat mengganggu pengendara yang melewatinya. Hal ini disebabkan karena perbuatan orang yang tidak bertanggung jawab, dengan sengaja membuang sampah di sekitar jalan Ringroad Mojosongo.

Menanggapi situasi ini, Pemerintah Kota Surakarta, melalui Petugas kebersihan Mojosongo, Dinas Lingkungan Hidup, dan bantuan alat berat dari DPUPR (Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang) membersihkan gunungan sampah yang berserakan di sepanjang jalan Ringroad Mojosongo tersebut. 

Pemerintah Kota Surakarta juga sudah menyediakan TPA (Tempat Pembuangan Akhir), salah satunya di TPA Putri Cempo yang berlokasi di Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Jebres. Tempat ini, dibuat khusus untuk menampung semua sampah-sampah yang dihasilkan dari warga Surakarta. Agar nantinya, sampah tersebut dapat diolah kembali menjadi bahan daur ulang atau menjadi pupuk tanaman.

Selain itu, diperlukan juga pemilahan sampah rumah tangga, misalnya organik dan anorganik. Hal ini dapat mengurangi penumpukan sampah yang dapat mengganggu lingkungan sekitar. Dengan pemilahan sampah yang benar, dapat memudahkan petugas TPA dalam mengolah produksi sampah yang dihasilkan warga.

Untuk itu, Pemerintah Kota Surakarta menghimbau agar seluruh warga selalu menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, agar terwujud Kota Surakarta yang bersih dan indah. Karena menjaga kebersihan bukan merupakan kewajiban dari petugas kebersihan saja, melainkan seluruh warga.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

424,061

Visitors total

329,916

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta