Pemerintah Kota Surakarta
Wellness Tourism: Kuliner Sehat di Kota Solo
  March 7, 2022 10:03

Wellness Tourism atau wisata kebugaran belakangan ini menjadi fokus utama masyarakat Indonesia. Pasalnya, situasi pandemi Covid-19 yang sedang terjadi, mendorong masyarakat untuk selalu menerapkan pola hidup sehat. Anjuran untuk meningkatkan imunitas tubuh berguna agar kita tidak mudah terinfeksi virus Covid-19. Beberapa yang dapat dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi, berolahraga, dan mengunjungi tempat wisata untuk menyegarkan pikiran. Karena pikiran yang sehat adalah awal dari tubuh yang sehat pula. Ketiganya tersebut bisa Anda dapatkan di Kota Solo. Mengapa demikian?

Menurut Angela Tanoesoedibjo, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, potensi pariwisata di Indonesia perlu digalakkan lagi. Hal ini dapat mendorong pemulihan pariwisata Indonesia pasca pandemi Covid-19. Beberapa daerah yang ditengarai menjadi Pilot Project Wellness Tourism, yaitu Solo, Yogyakarta, dan Bali. Pemilihan tempat tersebut karena sudah memiliki sarana prasarana yang mencukupi dan banyak didatangi wisatawan. 

Kota Solo mempunyai deretan wisata kuliner yang menarik untuk dicoba. Rekomendasi makanan menyehatkan yang bisa ditemui di Kota Solo, diantaranya selat solo, pecel, susu segar, soto bumbu rempah, wedhang uwuh, dan masih banyak lainnya. Berikut ulasannya!

  1. Selat Solo

Sajian sayuran dipadukan dengan manis gurihnya kuah, akan memanjakan siapapun yang menikmatinya. Betapa tidak, dalam satu porsi Anda dapat menikmati makanan sehat yang disajikan menggoda dan tidak membosankan. Makanan ini kaya akan gizi lengkap, vitamin berasal dari wortel dan buncis, karbohidrat berasal dari kentangnya, dan protein berasal dari telur serta daging cacah. Warung selat solo yang kondang di kota ini, adalah Warung Selat Mbak Lies, di Jalan Yudhistira, Kelurahan Serengan, Kecamatan Serengan, serta Selat Viens yang pusatnya ada di Jalan Hasanudin, Kelurahan Punggawan, Kecamatan Banjarsari.

  1. Pecel

Makanan yang satu ini identik dengan berbagai jenis sayuran yang diguyur sambal kacang. Rasanya perpaduan antara gurih, manis, dan sedikit pedas. Warung pecel yang terkenal di Kota Solo adalah pecel Bu Kis, letaknya di Jalan Gleges, Kelurahan Sriwedari, Kecamatan Laweyan. Ada juga pecel menangan, di Jalan Citarum, Nomor 32, Joyosuran, Pasar Kliwon.

  1. Susu segar 

Salah satu pionir susu sapi murni di Kota Solo adalah susu segar Shi Jack. Berdiri sejak tahun 1987, kini susu segar Shi Jack telah memiliki puluhan cabang. Meskipun, menu utamanya adalah susu, namun Anda bisa menambahkan sirup, jahe, maupun telur. Terdapat pula beraneka macam sate-satean, gorengan, dan nasi bungkus yang dapat disantap bersama susu segar.

  1. Soto bumbu rempah

Menu yang satu ini sangat banyak ditemukan di Kota Solo. Selain rasanya yang lezat, kandungan rempah didalamnya membuat tubuh menjadi sehat pula. Biasanya terdiri dari kapulaga, jinten, pekak, cengkeh, kayu manis, dan lain-lain. Anda tetap dapat makan enak tanpa perlu kolesterol naik.

  1. Wedhang uwuh

Minuman ini terdiri dari beragam rempah-rempah, yaitu cengkeh, kayu manis, pala, kayu secang, serai, kapulaga, dan jahe. Setelah bahan tersebut dikeringkan, wedhang uwuh ini disajikan dengan direbus terlebih dahulu. Untuk menambahkan rasa manis biasanya diberi gula batu. Minuman ini sangat menyehatkan, dan banyak diburu masyarakat di masa pandemi Covid-19.

Masih banyak lagi kuliner sehat nan bergizi yang ada di Kota Solo. Bagaimana tertarik berkunjung ke Solo?

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

22

Visitors today

13

Visits total

425,525

Visitors total

330,777

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta