Pemerintah Kota Surakarta
Yuk, Cegah TBC untuk Mengurangi Penyebarannya!
  March 26, 2022 13:30

Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit mematikan di dunia yang sudah sejak lama ada, sebelum Covid-19 merajalela. Penyakit ini menyerang paru-paru manusia. Gejala yang umumnya timbul, yaitu batuk berdarah, nafsu makan hilang, demam, keringat dingin pada malam hari, lemas, dan nyeri di dada. Batuk yang dialami biasanya berlangsung cukup lama, sekitar 12 hari. TBC juga ditandai dengan adanya pembesaran kelenjar getah bening, di area leher, ketiak, dan selangkangan. Tak hanya itu saja, jika seseorang didiagnosis menderita TBC, maka berat badannya akan berangsur turun.

TBC tergolong dalam penyakit menular, utamanya melalui percikan ludah penderita. Penularannya dapat melalui batuk, bersin, dan berbicara. Maka, sangat tinggi risiko tertular jika tinggal satu rumah dengan penderita TBC. Seseorang mudah terinfeksi TBC apabila ia memiliki sistem daya tubuh yang lemah. Oleh karenanya, penting untuk selalu menjaga tubuh dalam kondisi prima dan bugar.

Meskipun dapat disembuhkan dan bisa dicegah, tetapi jika tidak segera ditangani akan berakibat fatal bagi penderitanya. Upaya pencegahan TBC dapat dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya menerapkan pola hidup sehat dan bersih, olahraga secara teratur, tidak merokok, tidak mengonsumsi minuman keras, selalu makan makanan bergizi tinggi, serta selalu membersihkan rumah dengan tak lupa membuka jendela dan pintu setiap pagi hari, supaya sirkulasi udara tetap terjaga. 

Jika sudah terserang TBC, minumlah obat secara lengkap sesuai petunjuk dokter sampai benar-benar sembuh. Ketika bersin atau batuk tutuplah mulut dengan kain atau lengan baju, dan juga buanglah dahak di tempat khusus, agar tidak menyebarkan virus.
Pencegahan TBC bisa dilakukan sejak dini dengan melakukan vaksinasi Bacillus Calmette–Guérin (BCG). Pemberian vaksin ini satu kali seumur hidup, dan disarankan dapat diberikan pada bayi baru lahir atau sebelum bayi berusia dua bulan. Vaksin ini bisa diperoleh gratis di posyandu atau puskesmas.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

3

Visitors today

3

Visits total

425,855

Visitors total

330,979

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta