Pemerintah Kota Surakarta
Jembatan – Jembatan Unik dan Menarik di Kota Solo
  April 12, 2022 14:48

Berbicara Kota Solo pasti langsung terlintas tempat wisata dan kuliner – kuliner legendaris yang seru dan menarik. Tak salah, memang hal – hal itulah yang membentuk wajah Kota Solo bertahun-tahun lamanya. Wajah itu juga yang membuat jutaan wisatawan, baik dalam maupun luar negeri untuk datang ke Solo untuk mengenal lebih dekat kota ini. Salah satu tempat wisata dan menjadi ikon baru Kota Solo adalah Jembatan. 

Menurut Sistem Informasi Database Infrastruktur Jalan Berbasis GIS, DPUPR Kota Surakarta, total panjang jembatan di Kota Surakarta adalah 1.293,65 meter yang terdiri dari total ruas jembatan adalah 129 buah. Dari ratusan jembatan yang dimiliki Kota Bengawan saat ini, ada 2 jembatan unik yang menjadi ikon baru di Kota Solo, antara lain :

  1. Jembatan Gelombang (Bendung Tirtonadi)

Lokasi jembatan gelombang ini terletak bersebelahan dengan Terminal Tirtonadi, tepatnya apabila turun di Terminal Tirtonadi keluar pintu utara kemudian menyeberangi Jalan Ahmad Yani, maka sudah langsung terlihat megahnya jembatan tersebut. Bendungan yang berada di Solo bagian utara ini dibangun pada pertemuan Kali Gajah Putih dan Kali Pepe. Jembatan ini dibangun dengan konsep yang menarik, material jembatan ini hampir sebagian besar menggunakan kaca, baik di lantai maupun di kanan dan kiri dari pembatasnya. Desain jembatan juga estetik dengan dominan warna biru. Setelah diresmikan pada tahun 2019, tempat ini menjelma menjadi ikon baru untuk Kota Solo. Masyarakat pun kerap menggunakannya untuk mengambil gambar dan swafoto atau sekedar jalan-jalan di sore hari.

  1. Jembatan Ketandan 

Jembatan Ketandan membentang di Kali Pepe sebagai penghubung Taman Parkir Loji Wetan di Jalan Mayor Kusmanto dan gedung parkir di Jalan RE Martadinata. Jembatan Ketandan mempunyai desain ornamen yang menarik yaitu batik ciri khas Kota Solo yang menambah kesan artistik dan modern. Struktur bangunan jembatan sendiri menggunakan balok precast. Dengan desain yang minimalis dan berwarna putih memberikan kesan megah untuk siapapun yang melihatnya. Terlebih saat malam hari tiba, jembatan akan terlihat tampak indah dengan ornamen batik yang melengkapinya.

Itulah 2 jembatan unik dan menarik yang ada di Kota Solo, yang menjadikan Kota Bengawan ini menjadi punya beragam cerita. Tertarik untuk mengunjunginya? 

Yuk, luangkan waktumu untuk berkunjung, biar lebih banyak tahu, lebih banyak ilmu. 

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

337

Visitors today

322

Visits total

522,543

Visitors total

416,165

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta