Pemerintah Kota Surakarta
Permudah Informasi Seputar PDAM Surakarta dengan Aplikasi Si Toya Wening
  April 13, 2022 12:56

Kemajuan teknologi yang semakin canggih, mendorong Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) seluruh Indonesia menerapkan terobosan baru dalam meningkatkan pelayanan, penanganan aduan, serta pemberian informasi bagi pelanggan dan masyarakat luas. Alasan tersebut melatarbelakangi, diciptakannya berbagai teknologi digital, seperti aplikasi pelayanan publik.

Sebelumnya, Kabupaten Pemalang telah menciptakan Aplikasi SITIRTA, yang dibuat oleh PDAM Tirta Mulia. Hal inilah yang mendorong diadakannya kerja sama antara Direktur Utama PDAM Kota Surakarta dan Direktur Utama PDAM Kabupaten Pemalang, dalam menciptakan Aplikasi Si Toya Wening, untuk mendukung kemajuan pelayanan publik. Penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut dilaksanakan di kantor PDAM Surakarta, pada tanggal 1 Maret 2021.

Beberapa manfaat yang diperoleh dari aplikasi ini, antara lain dapat dengan mudah melihat info tagihan rekening air minum yang muncul pada setiap bulan. Maka, pelanggan dapat mengetahui sejak awal besaran biaya yang harus dibayarkan. Kemudian, pengguna dapat melakukan aduan mengenai air minum yang sudah terhubung dengan aplikasi, sehingga aduan dapat segera ditangani dan diproses. Menu pengaduan ini sangat diperlukan untuk evaluasi pelayanan PDAM. Dengan begitu, dapat tercipta sistem yang lebih terstruktur dan optimal. 

Keuntungan lainnya, pengguna yang ingin mengajukan Sambungan Baru, baik sambungan air minum maupun sambungan limbah, bisa mendaftar langsung dalam aplikasi tanpa harus datang ke kantor. Selain itu, dalam mendukung kelancaran pengecekan meter, pelanggan dapat mengirimkan angka meter setiap bulannya. Hal ini berguna agar kesalahan hitungan dalam pembacaan meter dapat dicegah dan diminimalisir. Tak hanya itu, aplikasi ini juga memudahkan pelanggan dalam mengetahui informasi detail tentang Toya Wening. 

Aplikasi ini dapat diunduh dan diakses secara gratis melalui Play Store dalam perangkat Android. Apabila ingin melakukan pembayaran tagihan, dapat mengunjungi mitra pembayaran yang terintegrasi dengan Aplikasi Si Toya Wening, diantaranya Alfamart Alfamidi, Bank BNI, Bank Jateng, Bank Mandiri.

Aplikasi Si Toya Wening diharapkan dapat menjadi solusi masyarakat Kota Surakarta ketika ingin mengurus layanan yang berhubungan dengan PDAM. Mengingat situasi pandemi yang mengharuskan masyarakat untuk membatasi mobilitas, aplikasi ini dirasa sangat membantu. Oleh karena itu, masyarakat tetap memperoleh fasilitas layanan PDAM, meskipun tidak keluar rumah. 

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

5,921

Visitors today

5,148

Visits total

522,165

Visitors total

415,808

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta