Pemerintah Kota Surakarta
Tips Berolahraga Aman Ketika Puasa
  April 16, 2022 13:10

Olahraga diartikan sebagai aktivitas yang melibatkan fisik, merujuk pada gerakan yang membutuhkan kontraksi otot. Berolahraga secara rutin, dapat menguatkan dan menyehatkan tubuh. Berbagai manfaat berolahraga lainnya, yaitu meningkatkan suasana hati, membantu menurunkan berat badan, mempertahankan kekuatan otot dan tulang, menjaga kesehatan kulit, meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan kecerdasan otak, membantu meningkatkan kualitas tidur, dan masih banyak lainnya. 

Saat berpuasa kita wajib menjaga tubuh agar tetap bugar, salah satu caranya dengan berolahraga. Jenis olahraga yang bisa dilakukan saat berpuasa, yaitu jalan kaki, yoga, bersepeda, naik-turun tangga, jogging, sit up, push up, dan lain-lain. Olahraga saat berpuasa dapat dilakukan selama 30-60 menit. 

Namun, mayoritas orang enggan berolahraga saat puasa karena mereka takut malah membuat tubuh menjadi lemas dan tak bertenaga. Untuk mencegah hal itu, terdapat beberapa tips untuk melakukan olahraga yang aman ketika berpuasa. 

Olahraga sebelum berbuka puasa adalah cara yang tepat untuk menjaga kebugaran tubuh. Pasalnya, selama berpuasa kita tidak memperoleh asupan makanan atau minuman yang masuk ke dalam tubuh. Rekomendasinya adalah melakukan olahraga 1,5 jam sebelum waktu berbuka puasa. Selain itu, kita tidak boleh terlalu memforsir tubuh untuk melakukan berbagai olahraga berat. Pilih jenis olahraga yang intensitasnya rendah. Tujuannya agar, energi yang dimiliki dalam tubuh tidak turun drastis. 

Olahraga juga bisa dilakukan setelah berbuka puasa. Apabila Anda ingin berolahraga setelah berbuka, perhatikan waktunya. Berikan jeda kurang lebih satu jam setelah menyantap hidangan buka puasa. Karena aktivitas fisik saat perut kenyang tidak bisa maksimal dan tentunya akan menyulitkan pula. Jika berolahraga setelah berbuka, Anda dapat melakukan beragam olahraga yang diinginkan, mulai olahraga ringan hingga berat.

Tak hanya itu, salah satu waktu terbaik untuk berolahraga yaitu sebelum sahur. Beberapa orang memiliki kebiasaan berolahraga di pagi hari. Hal ini bisa diganti dengan melakukan olahraga sebelum sahur. Tubuh mungkin saja masih menyimpan cadangan energi dari makanan sebelumnya. Kemudian, setelah berolahraga tubuh yang kehilangan energi dan cairan, bisa segera melengkapinya dari makanan yang disantap saat sahur. 

Olahraga saat berpuasa sangat dianjurkan untuk menjaga tubuh tetap sehat. Meskipun berolahraga dengan intensitas rendah, tetap bisa memberikan dampak yang baik untuk tubuh. Sebelum melakukannya, pertimbangkan pula waktu dan jenis olahraga yang akan dilakukan, agar puasa berjalan dengan lancar. 

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

425,860

Visitors total

330,982

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta