Pemerintah Kota Surakarta
Kenali Penyebab Demam Berdarah dan Cara Mencegahnya
  April 28, 2022 13:25

Demam Berdarah Dengue atau DBD adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue. Virus ini ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti, yang berkembang di tempat-tempat penampungan air seperti bak mandi, kaleng bekas, talang air, sampai tempat minum hewan peliharaan. 

Nyamuk ini memiliki ciri berwarna hitam belang putih, yang aktif beraktivitas pada pagi sampai sore hari. Biasanya nyamuk Aedes Aegypti bergerak di tempat-tempat yang gelap dan lembab, juga benda-benda tergantung seperti pakaian, dan kelambu. Virus dengue yang menyebabkan demam berdarah terdapat dalam kelenjar ludah nyamuk, yang akan berpindah ke dalam tubuh ketika nyamuk betina menghisap darah. 

Orang yang paling rentan tertular virus DBD adalah anak-anak sekolahan, dimana mereka kemungkinan besar terkena virus ketika sedang belajar di sekolah. Selain itu, anak yang mengalami obesitas juga lebih rawan tertular, karena setelah terinfeksi virus dari nyamuk Aedes Aegypti, tubuhnya tidak mampu melawan virus dengue. 

Nyamuk ini biasa berkembang pesat ketika musim penghujan, ketika wadah-wadah bersih tergenang air dan menjadi media yang sempurna untuk menetaskan telur telur nyamuk. Karena itulah Anda perlu melakukan langkah 3M Plus untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk berbahaya ini. 

3M adalah  menguras tempat-tempat penampungan air, menutup rapat semua tempat penampungan air, serta mendaur ulang barang bekas. Selain itu bisa juga ditambah atau “Plus” memelihara ikan, menggunakan obat anti nyamuk, menghindari menggantung pakaian dalam kamar, dan memasang kawat kasa pada jendela. 

Agnia Primasasti
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

31

Visitors today

30

Visits total

414,643

Visitors total

324,769

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta