Pemerintah Kota Surakarta
Bunker Kuno, Wisata Unik di Sekitar Kawasan Balaikota Surakarta
  May 7, 2022 13:26

Kota Solo memang tak pernah ada habisnya jika berbicara mengenai wisata. Mulai dari wisata kuliner, wisata budaya, hingga wisata sejarah, Kota Solo selalu punya spot menarik yang sayang sekali untuk dilewatkan. Tempat-tempat wisata seperti Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Puro Mangkunegaran, Kampung Batik Kauman, Kampung Batik Laweyan, Museum Keris, Taman Balekambang, dan masih banyak lainnya mungkin adalah wisata-wisata tersohor yang sudah sangat banyak orang tahu saat berkunjung ke Kota Solo. Namun ternyata ada destinasi wisata unik di Kota Solo yang belum banyak orang ketahui. Berada di sekitar kawasan Balaikota Surakarta tepatnya di sudut kantor Walikota Surakarta, di bawah gedung Dinas Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta terdapat bunker kuno yang merupakan peninggalan masa Pemerintahan Kolonial Belanda.

Berukuran 16×24 meter, bunker ini pertama kali ditemukan pada tahun 2012. Kemudian dilakukan restorasi dan menelan biaya hingga Rp747,8juta. Saat diteliti oleh tim arkeologi dari Yogyakarta, bunker ini diperkirakan dibangun pada tahun 1800-an. Hal ini terlihat dari struktur dan ciri bangunan yang ada. Dari temuan-temuan yang ada, bunker ini kemungkinan besar dibangun pada saat masa Pemerintah Kolonial Belanda ketika menduduki wilayah Kota Solo. 
Melihat bentuk bangunan dan lokasi keberadaannya, bunker ini diperkirakan sebelumnya digunakan sebagai tempat untuk menyimpan uang milik Bank Belanda yang saat ini menjadi Bank Indonesia Perwakilan Solo. Selain itu, perkiraan lainnya bunker ini juga digunakan sebagai tempat pertahanan dan perlindungan pada kala itu oleh orang-orang Belanda. Saat ini, bunker ini telah beralih fungsi menjadi salah satu spot menarik yang cocok untuk foto-foto estetik atau instagramable. Lokasinya yang mudah ditemukan di Balaikota Surakarta, untuk kalian yang kebetulan sedang mengurus atau ada kepentingan di Balaikota, bisa menyempatkan sebentar ke bunker ini. Atau yang mungkin berniat untuk berwisata ke bunker ini juga bisa karena bunker ini dibuka pukul 09.00-16.00 WIB untuk umum dan gratis.

Agnia Primasasti
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

249

Visitors today

195

Visits total

380,845

Visitors total

298,064

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta