Pemerintah Kota Surakarta
Deretan Film yang Berlatar Kota Solo
  May 19, 2022 13:22

Kota Solo dikenal dengan wisata budaya Jawa yang melekat erat. Berkunjung ke Kota Solo, kamu akan menjumpai berbagai cagar budaya yang masih asri terjaga. Hal ini didukung dengan masyarakat dan Pemerintahan Kota Surakarta yang masih memegang teguh budaya maupun tradisi. Demikian, membuat kota ini memiliki magnet tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung. Tak heran, karena ciri khas tersebutlah menarik beberapa produser memproduksi film yang berlatar Kota Solo. 

Daftar film yang mengambil latar syuting di Kota Solo, antara lain, pertama film berjudul Tania, yang menceritakan kisah cinta segitiga gadis tuna netra bernama Tania. Film ini diperankan oleh Dianeersky (sebagai Tania), Ferly Putra (sebagai Tara), Afdhal Yusman (sebagai Genta). Proses syuting dilakukan di dua daerah, yakni Solo dan Pacitan. Adapun di Solo, mengambil lokasi kawasan Purwosari, Kampung Batik Laweyan, perkampungan Ngoresan, Rumah Sakit Mata Solo, serta sejumlah landmark kota.

Kedua, film berjudul Srimulat: Hil yang Mustahal. Grup komedi kelahiran Kota Solo ini menggunakan lokasi syuting diantaranya Pasar Gede, Sriwedari, Penumping, dan juga beberapa wilayah di Sukoharjo. Film yang digarap sutradara Fajar Nugros tersebut mengisahkan tentang perjalanan grup Srimulat dari awal berkarir hingga menembus dunia hiburan Ibu Kota. Sebelumnya, film Finding Srimulat, yang dibuat oleh sutradara Charles Gozali juga mengambil latar di Kota Solo, yakni Stasiun Balapan dan diadakan gala premier di Pura Mangkunegaran. 

Ketiga, film berjudul Miracle-Jatuh dari Surga. Film tersebut disutradarai oleh Wisnu Adi, yang membawakan cerita tentang drama keluarga dan diperankan oleh Darius Sinathrya (sebagai Andri) serta Anneke Jodi (sebagai Eli). Latar yang digunakan 100 persen di Solo, meliputi keraton, Jalan Slamet Riyadi, Gereja Purbayan, Taman Balekambang, dan masih banyak lainnya.

Keempat, film berjudul Sobat Ambyar yang tayang tahun 2020 lalu. Mengusung genre komedi romantis, film ini berkisah tentang kedekatan mendiang Didi Kempot dengan penggemarnya. Adapun dalam pemilihan latarnya, mengambil lokasi tembok mural flyover Manahan, Pasar Antik Triwindu, serta Ngarsopuro. 

Kelima, film Yowis Ben 3. Sekuel komedi garapan Bayu Skak ini menceritakan tentang kisah Bayu dan teman-temannya dalam menggapai impian mereka. Film ini banyak menggunakan bahasa Jawa dalam dialog tokohnya. Untuk mendukung suasana budaya Jawa yang lebih kental, Bayu mengambil latar syuting di Kota Solo, diantaranya keraton, kawasan Hartono Lifestyle Mall Solo Baru, Gedung Wayang Orang, dan Kampung Batik Laweyan. 

Keenam, film Cinta Selamanya garapan Ryan D’Masiv. Pemilihan latar syuting di Kota Solo, lantaran kota ini kental akan budaya dan tradisi Jawa. Sebanyak 80 persen latar dalam film ini akan menggunakan lokasi di Kota Solo. Selain itu, Ryan juga melibatkan pemain film asal Solo dalam pembuatan filmnya. 

Ketujuh, film berjudul Nagih Janji Cinta produksi PIM Pictures bersama Dinas Pariwisata Kota Surakarta. Film ini akan mengeksplor beberapa destinasi wisata Kota Solo, meliputi Museum Tumurun, Pasar Gede, Pura Mangkunegaran, Alun-alun Surakarta, Taman Balekambang, Keraton Surakarta Hadiningrat, Bendungan Tirtonadi, Sriwedari, Pasar Triwindu, dan Kawasan Kampung Batik Kauman. Beberapa transportasi wisata khas Solo turut ditampilkan, seperti Sepur Kluthuk Jaladara, dan juga Bus Tingkat Werkudara Solo. 

Sebagai kota yang banyak dipilih menjadi lokasi syuting, Solo berkesempatan untuk memperkenalkan berbagai budaya dan tradisi yang dimilikinya ke masyarakat luas. Hal ini juga membuka gerbang pariwisata Kota Solo menjadi lebih maju. Dengan begitu, banyak wisatawan yang tertarik menjelajahi Kota Solo.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

2

Visitors today

1

Visits total

424,962

Visitors total

330,423

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta