Pemerintah Kota Surakarta
Saat “Mpok Sinah Klamben” Merintis “Pasar Jadoel”
  May 23, 2022 14:59

“Mpok Sinah Klamben” merupakan singkatan dari Kelompok Seni dan Usaha Kecil Menengah Kelurahan Mangkubumen yang berasal dari Banjarsari, Surakarta. Komunitas ini mewadahi aktivitas ekonomi bagi para pelaku UMKM. Salah satu programnya adalah menyelenggarakan “Pasar Jadoel” (Jajanan Tempo Doeloe) yang berlokasi di Sasono Krido Mangkubumen, Jl. RM Said 236, tidak jauh dari Zona Steak Manahan.

Pasar Jadoel menyajikan jajanan tradisional yang dulu sangat umum, namun saat ini mungkin sudah jarang ditemui atau kurang dikenal oleh generasi milenial. Di pasar ini, warga bisa mendapatkan Nasi Liwet, Gudeg, Timlo, Botok, Gethuk, hingga beragam bubur dan jenang. Pasar digelar di setiap pekan kedua dan keempat setiap bulannya mulai pukul 07.00 WIB. 

Pengunjung yang ingin menikmati jajanan yang disediakan, diharuskan memakai ketip atau koin sebagai alat pembayaran. Satu ketip sama dengan Rp.2000, ketip dapat digunakan untuk membeli jajanan dengan harga yang telah ditentukan. Selain itu, pengunjung bisa menikmati pertunjukan tradisional, khusus anak-anak juga disediakan wahana permainan seperti dakon, engklek serta gobak sodor. 

Untuk menyelenggarakan Pasar Jadoel ini, Mpok Sinah Klamben bekerja sama dengan Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata), LPMK (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan, PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) dan karang taruna setempat.  Pedagang di Pasar Jadoel diperkirakan mencapai 15-20 pedagang. Sebagai program pemberdayaan masyarakat Kelurahan Mangkubumen, seluruh pedagang merupakan warga kelurahan setempat. 

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

11

Visitors today

6

Visits total

425,307

Visitors total

330,652

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta