Pemerintah Kota Surakarta
Menilik Pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed, Hadiah Pangeran Uni Emirat Arab
  May 24, 2022 15:10

Pemerintahan Uni Emirat Arab (UEA) berencana akan mendirikan replika Masjid Sheikh Zayed Grand Mosque di Kota Solo. Pembangunan masjid tersebut merupakan hibah dari Putra Mahkota UEA, Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan kepada Presiden Joko Widodo. Berdasarkan kontrak kerja, pembangunan masjid ini diperkirakan selesai pada bulan Agustus tahun ini. Adapun pembangunan Masjid Sheikh Zayed tersebut berada di bekas Depo Pertamina Jalan Ahmad Yani, Gilingan, Banjarsari. Saat ini, pembangunan masih terus berjalan dengan arahan kontraktor dari PT Waskita Karya.

Masjid Sheikh Zayed digadang akan menjadi masjid terbesar di Kota Solo. Selain itu, keberadaannya dapat menambah daftar lokasi wisata, khususnya wisata religi di Kota Solo. Fasilitas yang akan disediakan pun cukup banyak. Tak hanya dijadikan sebagai tempat ibadah, masjid ini juga memiliki perpustakaan yang bisa dimanfaatkan untuk menambah sarana edukasi bagi masyarakat. Sekitar kompleks masjid tersebut akan dibangun Islamic Center. Nantinya, di tempat tersebut dapat menjadi pusat pendidikan dan pengajaran Islam. Dalam Islamic Center, akan didirikan TPA, tafsir Al-Qur’an, Madrasah, dan juga tempat pengembangan ekonomi syariah dengan produk-produk halal market.

Sesuai dengan permintaan Pangeran Uni Emirat Arab (UEA), Sheikh Mohammed bin Zayed Al-Nahyan, pembangunan masjid ini akan dibuat mirip dengan yang ada di Abu Dhabi. Sehingga pemilihan material dan bahan bangunan tidak boleh sembarangan. Marmer yang digunakan, didatangkan langsung dari Italia. Untuk saat ini marmer tersebut sudah masuk ke Jakarta dan dalam proses fabrikasi. Kemudian, rencananya, pada bulan Mei akan dimulai pemasangan marmer. 

Masjid Sheikh Zayed dibangun dua lantai, dengan luas bangunan utama masjid sekitar 8.000 meter persegi. Masjid tersebut dilengkapi ruang VIP, perpustakaan seluas 20 meter persegi, serta basement yang digunakan untuk tempat wudhu putra dan putri. Pihak kontraktor juga akan menyediakan lahan khusus parkir agar kendaraan yang datang bisa terparkir rapi dan tidak berhenti di pinggir jalan yang bisa menimbulkan kemacetan.

Pembangunan Masjid Sheikh Zayed merupakan simbol kerjasama dan persahabatan dua negara, yakni Indonesia dan Arab, khususnya dalam bidang keislaman. Arsitektur yang diusung pun membawa simbol istimewa. Maka, bukan hanya sebagai tempat ibadah, melainkan dapat menjadi destinasi wisata menarik di Kota Solo. Dengan begitu, akan menarik banyak wisatawan untuk berkunjung ke Kota Solo.

Agnia Primasasti
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

48

Visitors today

44

Visits total

414,660

Visitors total

324,783

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta