Pemerintah Kota Surakarta
Rekomendasi Lokasi Baca di Kota Solo
  May 25, 2022 14:07

Kota Solo disiapkan menjadi kota literasi yang diharapkan mampu meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Mendukung hal itu, Pemerintah Kota Surakarta melalui Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Dispersipda) Kota Surakarta berupaya dalam menyediakan fasilitas pengetahuan yang mumpuni, misalnya buku, majalah, hingga lokasi baca. Kota Solo memiliki beberapa titik khusus yang dapat dijadikan tempat asyik untuk membaca buku. Seluruhnya dapat dikunjungi warga Solo maupun wisatawan yang berkunjung ke Solo tanpa dipungut biaya.

Berikut rekomendasi tempat baca yang bisa kamu temui di Kota Solo. Pertama, Kantor Arpusda, lokasinya ada di Jalan Kepatihan Nomor 3. Tempat ini memiliki sekitar 44.537 judul buku, meliputi buku fiksi maupun non fiksi dan juga fasilitas internet yang bisa dimanfaatkan secara gratis. Jika kamu ingin meminjam buku, prosedurnya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu membuat kartu anggota, dengan syarat kartu identitas yang kamu miliki. Apabila sudah menjadi member Arpusda, kamu sudah bisa meminjam buku yang diinginkan. 

Kedua, Taman Cerdas. Bangunan ini didesain khusus menyediakan fasilitas gratis untuk membangun warga Solo menjadi lebih makmur serta mendukung program Kota Layak Anak. Di dalamnya, terdapat panggung, taman bermain, perpustakaan, ruang IT, dan fasilitas internet gratis. Beberapa patung wayang, seperti Kresna, Bima, Gatotkaca, Rama, Shinta, dan Hanoman juga tersedia di lokasi ini. Situasi yang nyaman, dapat dijadikan salah satu spot tujuan untuk sekadar bersantai dan membaca buku. 

Ketiga, Perpustakaan Kampung yang tersebar di masing-masing kelurahan Surakarta. Perpustakaan ini didirikan dibawah naungan Arpusda. Meskipun, bangunannya berada di kelurahan setempat, namun perpustakaan ini boleh digunakan oleh siapapun. Setiap pengunjung dapat bebas menggunakan perpustakaan ini, seperti membaca buku dan juga meminjam buku. 

Keempat, Bemo Pustaka. Pemerintah Kota Surakarta memberikan fasilitas berupa perpustakaan keliling bagi warga Solo. Karena perpustakaan keliling tersebut berada di dalam kendaraan bemo, maka disebut dengan Bemo Pustaka. Fasilitas ini tersebar di lima kecamatan Kota Solo, meliputi Kecamatan Banjarsari, Laweyan, Pasar Kliwon, Serengan, dan Jebres. 

Kelima, Monumen Pers. Lokasinya berada di Jalan Gajahmada, Nomor 59, Timuran, Kecamatan Banjarsari. Terdapat ruang digitalisasi berkas-berkas koran. Sehingga, kamu bisa mencari arsip-arsip koran lama dengan lebih mudah. Selain sebagai museum pers nasional Indonesia, ada juga perpustakaan yang dapat digunakan secara gratis oleh pengunjung yang datang. 

Jika menyinggahi Kota Solo, sempatkan untuk mampir di beberapa lokasi baca yang ada. Kamu bisa berwisata dan menjelajah kota, sekaligus menambah wawasan dengan membaca buku-buku di lokasi baca tersebut. 

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

425,356

Visitors total

330,684

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta