Pemerintah Kota Surakarta
Kunjungan Presiden Jokowi ke Pusat Budaya dan Blusukan Pasar di Kota Solo
  May 27, 2022 15:24

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau kerap disapa Jokowi, menghadiri pernikahan adiknya di Solo, pada Kamis (26/5). Disamping itu, beliau menyempatkan diri untuk melihat langsung geliat para seniman kesenian tradisional di Taman Balekambang. Dengan didampingi Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Pangdam Diponegoro serta pejabat dari Pusat serta daerah, TNI dan Polri, Presiden Jokowi berdialog dengan para seniman serta menyapa warga masyarakat yang sedang berwisata di lokasi tersebut.

Beliau memberikan apresiasi adanya aktivitas budaya yang masih terjaga dan dilakukan di Kota Solo. Serta, beliau juga memuji semangat para seniman untuk kembali melakoni pekerjaan seninya sambil mengembangkan terus budaya tradisional.

Dengan berkunjung ke Taman Balekambang, beliau bisa melihat geliat aktivitas para seniman utamanya seniman rakyat, baik itu wayang orang, ketoprak, reog dan seni tradisi yang lain. Seperti yang kita ketahui, beberapa pagelaran budaya tersebut sudah dua tahun vakum dan tidak ada kegiatan, akibat pandemi Covid-19 yang terjadi. 

Penurunan jumlah kasus Covid-19 di Indonesia dan dorongan dari pemerintah untuk memberikan pelayanan vaksinasi, mampu membentuk masyarakat memiliki herd immunity. Sehingga pandemi bisa kendalikan, dan aktivitas seni bisa dimulai lagi. Semua seni tradisional harus hidup kembali dalam rangka merawat dan memelihara seni budaya Bangsa Indonesia, khususnya di Kota Solo.

Menurut Presiden Jokowi, salah satu sarana kebudayaan yang perlu dipertahankan di Kota Solo, yaitu Taman Balekambang. Lokasi ini dapat menjadi pusat kebudayaan, sebab dimungkinkan dapat memberikan dampak yang baik pada semua seni budaya tradisional Indonesia.  Hal ini akan didukung juga dari Pemerintah Pusat, untuk mewujudkan kemajuan di bidang kebudayaan.

Diketahui, usai mengunjungi Taman Balekambang yang dibangun KGPAA Mangkunegara VII pada tahun 1921 itu, Presiden Jokowi melanjutkan kunjungannya ke empat pasar tradisional, antara lain Pasar Mojosongo, Pasar Gede, Pasar Gading dan Pasar Harjodaksino untuk menyerahkan Bantuan Sosial dan berdialog dengan para pedagang pasar tradisional.

Kedatangan Presiden Jokowi di Pasar Gede Hardjonagoro, disambut meriah oleh seluruh pedagang dan pengunjung yang datang. Beberapa dari mereka ada yang menghampiri Presiden untuk bersalaman dan berswafoto. Selain itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka beserta Wakil Walikota Teguh Prakosa juga turut blusukan untuk menyapa pedagang dan pembeli di pasar-pasar tradisional di Kota Solo.

Agnia Primasasti
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

313

Visitors today

201

Visits total

363,879

Visitors total

285,236

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta