Pemerintah Kota Surakarta
Hari Lanjut Usia 2022: Dinas Admindukcapil Surakarta Jemput Bola Data Kependudukan Lansia di Kota Solo
  May 29, 2022 13:13

Pada tanggal 29 Mei, Indonesia memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) untuk memberikan penghargaan atas semangat jiwa raga serta peran penting para lanjut usia (lansia) Indonesia. Peringatan ini pertama kali terinspirasi oleh peran  Dr. KRT. Radjiman Wedyodiningrat yang merupakan pemimpin sidang BPUPKI tanggal 29 Mei 1945 yang akhirnya menjadi cikal bakal lahirnya Pancasila. 

Pemerintah telah mengupayakan berbagai kebijakan yang dapat membantu para lansia untuk memperoleh hak-haknya dengan lebih mudah, salah satunya adalah inovasi Pemerintah Kota Surakarta yang melakukan sistem ‘jemput bola’ dalam mengumpulkan data kependudukan seperti KTP Elektronik, dan akta kelahiran melalui Dinas Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dinas Admindukcapil) sejak tahun 2021 lalu. 

Program ini dicanangkan karena banyaknya warga lansia yang kesulitan datang secara langsung ke kantor pencatatan data kependudukan, karena keterbatasan fisik yang disebabkan oleh usia tua. Dengan program ini, Pemerintah Kota Surakarta berusaha memberikan fasilitas untuk para lansia, agar bisa mengurus data kependudukan tanpa harus susah payah datang ke kantor-kantor pemerintahan, karena tim yang dibentuk oleh Dinas Admindukcapil akan berkunjung langsung ke rumah-rumah lansia, dan menyelesaikan semua keperluan pendataan.

Program ini bisa dinikmati oleh seluruh lansia yang ada di wilayah Kota Surakarta. Untuk mendapatkan layanan ini, perwakilan lansia yang membutuhkan bantuan pencatatan data kependudukan dapat langsung mendaftarkan diri ke kantor Dinas Admindukcapil yang berlokasi di Kompleks Balaikota Surakarta, dan membawa fotokopi KK. Perwakilan lansia juga bisa mendaftar secara online, yaitu dengan menghubungi Dinas Admindukcapil melalui nomor WhatsApp: 0857-5579-5000.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

424,061

Visitors total

329,916

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta