Pemerintah Kota Surakarta
Mengenal Kelurahan Lansia yang Dicanangkan oleh Pemerintah Kota Surakarta
  May 30, 2022 15:35

Kelurahan ramah lansia merupakan salah satu program kerja Pemerintah Kota Surakarta yang dicanangkan untuk menciptakan satu area kecamatan, yang dapat menyediakan berbagai fasilitas dan infrastruktur bagi para orang lanjut usia (lansia) agar tetap produktif. 

Program yang mulai digagas sejak tahun 2021 ini dilatarbelakangi karena meningkatnya angka harapan hidup warga masyarakat di Kota Solo. Sebagai tindak lanjut dari program tersebut, kini telah ada setidaknya dua kelurahan di Kota Solo yang dijadikan sebagai kelurahan ramah lansia yaitu Kelurahan Mojo, dan kelurahan Baluwarti di Kecamatan Pasar Kliwon.

Nantinya akan dibentuk paguyuban lansia di kelurahan-kelurahan tersebut, dimana paguyuban inilah yang akan melakukan pencatatan, mengkoordinasi, dan memonitor para lansia produktif yang ada di lingkungannya. Kemudian paguyuban dapat menyusun berbagai program untuk melatih kemandirian lansia, mulai dari menyelenggarakan pelatihan untuk menghasilkan kuliner tradisional, jamu, kerajinan tangan, hingga membuat kerajinan wayang beber. Hasil dari kegiatan para lansia dapat dipasarkan di stand penjualan produk-produk lansia, dan dijual kepada masyarakat umum. 

Dengan program ini dapat meningkatkan produktivitas lansia, utamanya melatih lansia yang masih produktif untuk hidup mandiri, dan tidak tergantung anak dan cucunya. 

Agnia Primasasti
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

299

Visitors today

196

Visits total

363,865

Visitors total

285,231

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta