Pemerintah Kota Surakarta
Shopee Creative Day Hadir di Solo
  June 16, 2022 16:15

Pada Desember tahun lalu, Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, meresmikan Shopee Solo Creative and Innovation Hub. Peresmian ini digelar di Solo Technopark, yang sekaligus sebagai lokasi utama diadakannya berbagai event Shopee Creative. Tujuan dibukanya fasilitas ini, untuk mendukung anak-anak muda saling berekspresi dan berkreasi, utamanya dalam bidang industri kreatif. Adapun sasaran dari Shopee Creative ini adalah para pelaku UMKM yang berada di Soloraya.

Kali ini, Shopee akan mengadakan kegiatan rutinan yang bertajuk Shopee Creative Day. Bertempat di Solo Technopark, event ini berlangsung dari tanggal 4 Juni hingga 2 Juli 2022. Terdapat beberapa agenda yang akan dilakukan, antara lain Ayo Srawoong Nang Shopee, sebagai pembuka dari rangkaian acara yang dimulai pada tanggal 4 Juni 2022. Tanggal 6 Juni 2022, peserta dapat belajar “Public Speaking” bersama Okfied Sosendar dalam Workshop and Community Gathering dengan tema Berbicara di Depan Umum? Siapa Takut!. Tanggal 8 Juni 2022, Founder Nyalanesia, Lenang Manggala, turut meramaikan acara dalam Inspirational Talkshow: How to be a Sociopreneur untuk mengenal lebih dalam mengenai bisnis sosial. Workshop and Community Gathering: Natural Handmade Soap bersama Theresia Alit diadakan di tanggal 10 Juni 2022, dengan agenda pelatihan dalam membuat sabun berbahan alami.

Shopee Creative Day berlanjut pada tanggal 13 Juni 2022, yaitu Inspirational Talkshow: Women Empowerment membahas serba-serbi karya yang dihasilkan wanita bersama Triana Rahmawati, Social Entrepreneur and Founder Happiness Familys. Dalam mengkampanyekan cinta lingkungan, event ini juga mengadakan Workshop and Community Gathering berupa pelatihan teknik eksplorasi cetak pada kain menggunakan bahan dasar dari tumbuhan, dan dipandu oleh Fadilla Kesuma,owner Newcoral Ecofriendly Gallery. 

Selanjutnya, di tanggal 21 Juni 2022 pelaku usaha kuliner bisa memperoleh pelatihan dalam Workshop and Community Gathering: Mengelola Bisnis Pangan Asli Lokal Ala Milenial dengan mentoring dari Serra Argo Rianda S.E., M.B.A dan Muhammad Alfied Pandam Pamungkas. Talkshow mengenai Strategi Digital dan Sosial Media bersama Bella Zadithya pada tanggal 23 Juni 2022, turut melengkapi acara Shopee Creative Day. Solusi untuk permasalahan UMKM dalam hal pengambilan foto produk akan dikupas tuntas oleh Disti Fani pada acara Foto Kece Pake Hape: Simple Food Photography di tanggal 24 Juni 2022. Kemudian, pada tanggal 28 Juni 2022, latihan pembuatan aksesoris daur ulang layak pakai akan diadakan dengan arahan dari Kak Oiz. Acara selanjutnya yakni tanggal 30 Juni 2022, akan diadakan talkshow bertajuk Nyalatalk: Kolaborasi untuk Akselerasi dan Sustainability bersama Lenang Manggala dan Wanda Leonardo Fitres.

Perlu diketahui bahwa peserta yang berkenan mengikuti serangkaian acara dalam Shopee Creative Day tersebut tidak dibebankan biaya atau gratis. Seluruh acara dimulai pada pukul 13.00 WIB dan berakhir pukul 15.00. Sebagai puncak acara, akan disajikan berbagai etalase karya dari komunitas yang ada di Soloraya, dan berlangsung pada tanggal 2 Juli 2022 pada pukul 15.00 WIB sampai 18.00 WIB. diharapkan acara ini dapat menjadi wadah bagi pelaku usaha agar mendapatkan edukasi dan informasi penting yang selanjutnya dapat diterapkan supaya lebih berkembang.

Agnia Primasasti
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

221

Visitors today

174

Visits total

380,817

Visitors total

298,043

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta