Jadwal Keberangkatan Teman Bus Solo Terbaru
June 19, 2022 14:54
Jadwal Samsat Keliling Solo Terbaru
June 20, 2022 14:18

Cara Membuat KIA Online

Kartu Identitas Anak (KIA) merupakan kartu identitas yang wajib dimiliki anak apabila belum mendapat Kartu Tanda Penduduk (KTP). Fungsinya digunakan untuk salah satu persyaratan dalam mendaftar sekolah dan sebagai syarat mengurus perbankan jika anak ingin memiliki tabungan sendiri. KIA juga berguna untuk syarat mendaftar BPJS serta mengurus klaim asuransi. 

Disebutkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak, bahwa terdapat dua jenis KIA yang diterbitkan oleh pemerintah, antara lain KIA untuk anak usia 0-5 tahun dan KIA untuk anak usia 5-7 tahun. KIA golongan pertama tidak mencantumkan foto anak, namun KIA untuk anak usia 5-17 tahun menampilkan foto pemiliknya. KIA untuk anak kurang dari 5 tahun memiliki masa berlaku sampai anak berusia 5 tahun. KIA untuk anak di atas 5 tahun berlaku sampai anak berusia 17 tahun kurang satu hari.

Pembuatannya pun tergolong mudah, yaitu bisa secara online. Pertama, masyarakat bisa mengurus KIA dengan aplikasi Dukcapil Dalam Genggaman. Sebelumnya, pengguna harus melakukan registrasi agar dapat mengurus layanan administrasi kependudukan yang diperlukan. Data yang harus dilengkapi, meliputi NIK, nomor HP dan alamat email. Kemudian sistem akan memprosesnya dan jika telah mendapatkan notifikasi persetujuan, maka aplikasi tersebut sudah bisa digunakan untuk mengurus KIA. 

Kedua, melalui website. Pemohon harus menyiapkan dokumen yang dibutuhkan, yaitu akta kelahiran anak, Kartu Keluarga, dan pas foto berwarna berukuran 2×3 cm sebanyak dua lembar untuk anak berusia 5 (lima) tahun ke atas. Kemudian, pemohon mengisi pengajuan  online di http://pelayanan.dispendukcapil.surakarta.go.id/. Selanjutnya, pemohon akan diarahkan untuk mengunggah dokumen persyaratan berupa scan akta kelahiran anak, KK  dan foto anak untuk anak  yang usia 5 tahun ke atas yang diunggah melalui formulir dalam website. Kartu KIA yang sudah jadi dapat diambil di kantor Kecamatan maksimal setelah 24 Jam dan telah memperoleh pemberitahuan melalui WA/Email.
Perlu dicatat, bahwa pendaftaran online melalui website hanya bisa dilakukan pada hari dan jam kerja, yakni Senin-Kamis pada pukul 07.00-16.00 WIB dan Jumat pada pukul 07.00-11.30 WIB. Sedangkan, untuk hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional atau tanggal, merah seluruh pelayanan ditiadakan. Selain itu juga, pembuatan KIA ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Comments are closed.