Pemerintah Kota Surakarta
Pasar Klithikan Notoharjo Semanggi, Pusat Jual Beli Barang Bekas
  June 22, 2022 15:05

Kota Solo selain terkenal akan batiknya juga terkenal akan keberagaman pasar nya. Salah satunya adalah Pasar Klithikan Notoharjo yang berlokasi di Jalan Sungai Serang I No.313, Semanggi, Kecamatan Pasar Kliwon. Pasar ini berdiri sejak tahun 2006. Yang mana, pasar ini menjadi tempat relokasi PKL yang berasal dari kawasan Taman Monumen 45 Banjarsari. Ada sekitar 1000 PKL yang hijrah dari lokasi penjualan lama menuju pasar ini. 

Pasar Klithikan dikenal sebagai pasar barang-barang bekas satu-satunya di Solo. Sehingga menjadikan pasar ini sebagai pasar primadona bagi warga Solo dan sekitarnya. Selain itu pasar ini juga istimewa, karena berhasil mendapatkan penghargaan dari MURI. Penghargaan tersebut didapatkan karena Pemkot Surakarta berhasil merelokasi pedagang sebelumnya tanpa diwarnai aksi kekerasan.  

Ada berbagai jenis barang dagangan dijajakan di pasar ini. Mulai dari kebutuhan rumah tangga seperti pakaian dan peralatan listrik, mainan, kendaraan dan hewan pun tersedia di pasar ini. 90 persen barang yang dijual di waktu pagi adalah barang bekas. Meskipun, ada juga beberapa pedagang yang menjual barang baru seperti helm dan pakaian. Barang-barang yang dijual di pasar ini dipatok dengan harga yang sangat terjangkau. Hal ini lah yang membuat Pasar Klithikan selalu ramai akan pengunjung. 

Pasar ini terbagi menjadi 18 blok, dimana setiap blok nya disesuaikan dengan jenis barang yang dijual. Misalnya blok peralatan mobil dan motor, blok sepatu, blok alat-alat elektronik, blok pakaian, blok CD/kaset dan lain sebagainya. Terdapat papan petunjuk di setiap blok untuk memudahkan pembeli mencari blok tujuan.Di pasar ini para pedagang tidak hanya menjual barang. Mereka juga bisa memperbaiki barang limbah menjadi barang yang bisa dipakai kembali. Selain itu di pasar ini kita juga bisa menjual barang-barang yang sudah tidak terpakai. 

Pasar Klithikan buka mulai dari sehabis subuh hingga pukul 09.00 WIB. Jumlah pengunjung yang datang paling banyak terdapat pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur.  Pengunjung yang datang ke Pasar Klithikan ini tidak hanya dari Solo saja. Tetapi banyak juga pengunjung yang datang dari luar daerah seperti Jogja, Klaten, Wonogiri, Sragen dan berbagai kota lainnya. Jadi tak heran, jika Pasar Klithikan Notoharjo ini menjadi salah satu dari beberapa pasar yang menjadi tempat favorit wisatawan domestik dan mancanegara di Kota Solo. 

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

425,383

Visitors total

330,699

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta