Pemerintah Kota Surakarta
Apa Itu Varian Baru Omicron BA.4 dan BA.5?
  June 27, 2022 14:01

Sub-varian omicron BA.4 dan BA.5 muncul pertama kali di Afrika Selatan dan Eropa. Berdasarkan pernyataan dari Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, varian ini telah masuk ke Indonesia. Ditemukan, terdapat 4 kasus sub-varian Omicron BA.4 dan BA.5 pertama yang dilaporkan di Indonesia pada 6 Juni 2022. Diantaranya, 1 orang positif BA.4, yakni Warga Negara Indonesia (WNI) dengan kondisi klinis tidak mengalami gejala dan sudah vaksin dua kali. Kemudian, 3 orang lainnya positif BA.5, yang merupakan pelaku perjalanan luar negeri delegasi pertemuan the Global Platform for Disaster Risk Reduction di Bali pada 23-28 Mei 2022.

Meskipun beberapa kasus yang terjadi dinyatakan tidak menimbulkan gejala yang parah, tetapi sub-varian BA.4 dan BA.5 diketahui lebih cepat menyebar dibandingkan sub-varian sebelumnya, yaitu BA.1 dan BA.2. Mutasi dari virus Covid-19 diperkirakan akan terus ada. Pasalnya, mutasi yang terjadi masih berpotensi meningkatkan kasus infeksi. 

Sub-varian BA.4 dan BA.5 mirip dengan varian Omicron BA.2. Maka, karakter yang dimiliki BA.4 dan BA.5 pun sama dengan kecepatan menginfeksi yang diwarisi dari Omicron. Cepat dan mudah menginfeksi baik yang belum atau sudah divaksinasi, bahkan dikonfirmasi sub-varian ini penularannya lebih cepat. Menghadapi mutasi virus Covid-19 masyarakat dihimbau untuk waspada munculnya immune escape. Kondisi ini bisa saja terjadi, dimana imunitas seseorang memiliki kemungkinan lolos dari perlindungan kekebalan dari paparan atau infeksi varian Omicron. 

Agar kita terhindar dari segala macam sub-varian virus Covid-19, diperlukan pola hidup sehat dan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Rutin mencuci tangan sebelum menyentuh makanan, setelah menggunakan toilet, setelah menutup hidung saat batuk atau bersin, dan setelah beraktivitas di luar ruangan. Selalu pakai masker, ketika sedang sakit maupun beraktivitas di luar ruangan yang memaksa kita untuk bertemu orang banyak. Serta penerapan protokol kesehatan lainnya, seperti menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan juga mengurangi mobilitas.

Apabila mengalami keluhan kesehatan atau tubuh sedang tidak sehat, segera kunjungi dokter dan fasilitas kesehatan terdekat untuk segera mendapatkan perawatan. Yuk, selalu jaga kesehatan, supaya tubuh bugar dan terhindar dari penularan virus Covid-19!

Agnia Primasasti
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

312

Visitors today

200

Visits total

363,878

Visitors total

285,235

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta