Pemerintah Kota Surakarta
Kirab Budaya G20 dalam Keistimewaan Solo Batik Carnival 2022
  July 7, 2022 13:37

Pemerintah Kota Surakarta akan kembali menggelar Solo Batik Carnival (SBC) di tahun 2022 ini. Rencananya, acara akan digelar di sepanjang Jalan Slamet Riyadi. Bertepatan dengan adanya agenda G20 di Kota Solo, maka akan diadakan pula kirab budaya yang dipersiapkan dengan matang untuk menyambut para perwakilan negara anggota peserta G20.  Kolaborasi antara Kirab Budaya G20 dengan SBC akan diadakan pada tanggal 7 Juli 2022, yang dimulai pukul 15.00 WIB.

Terdapat 39 delegasi dari anggota TIIWG G20 yang akan menghadiri agenda kenegaraan di Solo. Dari jumlah itu, seluruhnya diperkirakan jumlahnya sekitar 150 orang. Tak hanya pertemuan saja, tetapi anggota delegasi akan diajak keliling kota dalam agenda city tour. Dalam rangka penyambutan telah disusun agenda kirab yang dimulai dari Stadion Sriwedari menuju Balaikota Surakarta. Panitia juga menyiapkan jamuan makan malam atau welcoming dinner di Sasana Ondrowino, Keraton Kasunanan. Sementara, untuk gala dinner akan diadakan di Pendapi Gede Balaikota Surakarta dengan sajian makanan nusantara.

Mengingat agenda acara yang melibatkan perwakilan dari negara-negara anggota G20, oleh karena itu, skenario keamanan akan dibuat lebih ketat. Akan disiapkan personel pengamanan gabungan yang terdiri dari Polresta Solo, Korem 074/Warastratama, Kodim 0735/Surakarta, Grup 2 Kopassus, Kostrad dan BKO Batalyon C Sat Brimob Polda Jateng. 

Para personel akan ditugaskan untuk menjaga keamanan di titik-titik lokasi pelaksanaan TIIWG G20 di Solo, mulai dari kegiatan welcome dinner, persidangan, kirab budaya, dan gala dinner. Sementara itu, beberapa lokasi akan diamankan mulai dari Hotel Alila tempat persidangan, Loji Gandrung tempat transit delegasi, Taman Sriwedari, Balaikota Solo, dan Keraton Kasunanan tempat diadakannya welcome dinner.

Bagi masyarakat sekitar yang ingin menyaksikan acara ini dapat datang langsung ke lokasi terkait. Tidak ada besaran biaya yang dibebankan jika ingin menonton acara ini. Namun, masyarakat dihimbau untuk selalu menerapkan protokol kesehatan ketat saat di lapangan. Apabila tidak ingin menontonnya secara langsung, bisa juga melalui live streaming dalam Youtube Channel Pariwisata Solo, Gibran TV, dan Kementrian Investasi-BKPM.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

12

Visitors today

8

Visits total

425,545

Visitors total

330,791

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta