Pemerintah Kota Surakarta
Gapura Pintu Masuk Solo: Margi Tri Gapuraning Ratu
  July 15, 2022 13:02

Ketika berkunjung ke Kota Solo kamu akan menjumpai banyak gapura yang dibangun oleh Keraton Solo. Beberapa gapura tersebut menjadi penanda pintu masuk ke Kota Solo. Keberadaannya dibangun dan didirikan pada masa pemerintahan raja-raja Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat pada masa itu. Seperti Sunan Paku Buwana IV, Sunan Paku Buwana IX, hingga Sunan Paku Buwana X.

Beberapa pembangunan gapura yang telah dilakukan adalah pintu Srimangati dan pintu terusan ke Bangsal Kamandungan Barat dibangun oleh Sunan Paku Buwana IV. Kemudian, dilakukan pemugaran Gapura Kamandungan Barat oleh Sunan Paku Buwana IX. Pembangunan gapura mengalami puncaknya pada masa pemerintahan Sunan Paku Buwana  X. Diantaranya menghasilkan bangunan Gapura Gladhag, Gapura Pamurakan, Gapura Masjid Agung, Margi Tri Gapuraning Ratu, Gapura Kamandungan Timur, Gapura Butulan Barat dan Gapura Butulan Timur. 

Beliau juga membangun gapura batas kota, antara lain Gapura Kleco, Gapura Pajang, Gapura Tanjunganom, Gapura Kandang Sapi, Gapura Jurug, serta Gapura Panggung yang sekarang sudah tidak ada lagi bangunannya. Gapura keraton juga didirikan di pinggir Sungai Bengawan Solo, yang diberi nama Gapura Mojo. 

Salah satu yang paling mudah dijangkau adalah Margi Tri Gapuraning Ratu. Bangunan ini menjadi penghubung dengan kawasan keraton. Dinamakan Margi Tri Gapuraning Ratu, karena terdiri dari tiga buah gapura. Masing-masing berada di lokasi yang berbeda, yaitu Klewer (Barat), Batangan (Timur), dan Gading (Selatan). Ketiganya mempunyai nilai filosofis bagi Keraton, sebagai jalan yang harus ditempuh untuk menghadap raja. 

Jika kamu berkeliling Kota Solo, maka akan menemukan gapura ini. Letaknya yang berada di tengah kota, membuat situs cagar alam ini mudah dijangkau wisatawan lokal maupun asing. Sebagai masyarakat yang berbudaya, kita harus ikut melestarikan bangunan ini, dengan cara merawat dan mempertahankan keasliannya. Cara yang paling mudah adalah dengan tidak mencoret-coret maupun merusaknya. Ayo, kita lestarikan budaya dan tradisi untuk menghormati para leluhur!

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

1

Visitors today

1

Visits total

425,533

Visitors total

330,783

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta