Pemerintah Kota Surakarta
Force Close: Definisi, Penyebab, dan Solusi untuk Ponsel dan Laptop
  July 24, 2022 13:56

Di era 4.0 sekarang ini, banyak kegiatan yang bisa dilakukan menggunakan smartphone, seperti belanja online, belajar online, atau bahkan sarana bekerja dari rumah (Work From Home). Oleh karena itu smartphone menjadi alat yang sangat penting. Walau perkembangan smartphone sangatlah masif, namun tetap saja terdapat berbagai masalah yang dialami oleh penggunanya. Salah satu masalah yang sering muncul bagi pengguna smartphone adalah Force Close atau dikenal juga dengan istilah Crash.

 

Force close adalah keadaan ketika Anda menjalankan sebuah aplikasi lalu secara tiba-tiba aplikasi tersebut tertutup. Biasanya akan diikuti dengan muncul sejumlah pesan yang bertuliskan seperti “Sayangnya aplikasi telah berhenti”, “Aplikasi tidak menanggapi”, “Aplikasi error” , dan sejenisnya. Jika diibaratkan pada laptop atau komputer yang berbasis Windows, Force Close ini sama dengan Not Responding.

 

Hal-hal yang bisa menyebabkan terjadi nya Force Close, antara lain aplikasi bermasalah, file cache/sampah yang menumpuk pada perangkat, kapasitas RAM smartphone yang penuh, serta sistem operasi ponsel yang tidak kompatibel dengan aplikasi.

 

Setelah mengetahui apa penyebab aplikasi keluar sendiri, Anda tak perlu khawatir. Sebab ada banyak solusi dan tips yang tersedia untuk mengatasi aplikasi Force Close. Berikut ini adalah beberapa tips dan solusi yang bisa dilakukan pertama, update aplikasi ke versi terbaru. Kedua, hapus aplikasi dan instal ulang. Ketiga, bersihkan data cache dan cache aplikasi. Kemudian, Reboot smartphone atau bisa juga dengan Factory Reset atau Reset Pabrik.

 

Apabila tips dan solusi di atas tidak juga berhasil, solusi terakhir yang bisa dilakukan adalah mengganti smartphone. Ganti smartphone lama yang memiliki RAM kecil dengan smartphone berkapasitas RAM yang lebih besar untuk bisa mendapatkan performa yang lebih optimal.

 

Agnia Primasasti
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

38

Visitors today

35

Visits total

414,650

Visitors total

324,774

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta