Pemerintah Kota Surakarta
Pendaftaran Video Performances SIPA 2022 Telah Dibuka
  July 25, 2022 13:45

Solo International Performing Art (SIPA) merupakan event yang digelar rutin setiap tahunnya di Kota Solo. Penyelenggaraan event ini telah mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) Republik Indonesia. Menariknya, event budaya ini bertaraf internasional, yangmana seluruh seniman baik dalam negeri maupun luar negeri dapat berkesempatan untuk menampilkan karya-karya terbaik mereka di event ini. Bahkan, event ini telah masuk sebagai 100 acara luar biasa yang ditetapkan oleh Kemenparekraf/Baparekraf. 

 

Untuk bisa mengikutinya, terlebih dahulu calon pengisi acara melakukan pendaftaran. SIPA akan menghimpun seniman-seniman tersebut dalam program yang bertajuk Open Call for Video Performance. Adapun, program tersebut sengaja dirancang khusus oleh Komunitas SIPA, penyelenggara Solo International Performing Arts (SIPA), untuk memberikan kesempatan kepada seniman dari seluruh dunia yang terdiri dari penari, pemusik, dan pemain teater tampil di acara SIPA ke-14 ini. 

 

Pendaftaran untuk seniman luar negeri dapat mengakses link Bit.ly/ApplySIPA2022. Sedangkan untuk seniman dalam negeri/domestik dapat melakukan pendaftaran melalui link Bit.ly/DaftarSIPA2022. Batas waktu pendaftaran dan pengiriman video paling lambat tanggal 31 Juli 2022 pukul 22.00 WIB. Sementar, pengumuman seleksi dapat dipantau melalui email yang digunakan untuk mendaftar pada tanggal 3 Agustus 2022.

 

Kriteria dan keputusan pendaftaran yang diterima, antara lain maksimal video durasi 10 menit dalam format video Hi-Resolution 1080p yang dikirim melalui Google Drive, Dropbox, dan/atau WeTransfer yang bisa didownload panitia SIPA pada alamat email opencallfes@gmail.com. Lalu, untuk musik yang digunakan tidak melanggar aturan hak cipta pada platform YouTube. Sangat ditekankan terhadap karya yang akan ditampilkan agar tidak mengandung unsur SARA dan Pornografi. Selain itu, pemilihan tema karya harus selaras dengan tema SIPA 2022, yakni “Seni sebagai Spirit Perubahan Kehidupan.”

 

Jika tergabung menjadi peserta SIPA 2022, Anda akan memperoleh beberapa  fasilitas yang bisa didapatkan, seperti publikasi sebagai penampil Solo International Performing Arts (SIPA) 2022, video akan ditampilkan dalam YouTube SIPA Festival dengan lebih dari 30.000 penonton dari seluruh dunia, serta akan mendapatkan e-Sertifikat keikutsertaan SIPA 2022. 

 

Apabila ingin mendapatkan informasi lebih lengkap, Anda bisa mengunjungi akun Instagram resmi @sipafestival maupun melalui email opencallfes@gmail.com. Ayo, gabung dan tunjukkan karya terbaikmu di SIPA 2022!

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

7

Visitors today

5

Visits total

425,510

Visitors total

330,769

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta