Pemerintah Kota Surakarta
Tradisi Malam 1 Sura Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat
  July 29, 2022 13:25

Setiap malam 1 Sura, Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat menggelar kirab pusaka. Acara ini dilakukan untuk memperingati tahun baru Islam yang jatuh pada 1 Muharram. Kirab malam 1 Sura, bertujuan untuk meminta keselamatan dan sebagai sarana introspeksi agar menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya.

 

Acara ini identik dengan penggunaan kebo bule sebagai sarana kirab. Kebo bule yang digunakan harus berasal dari keturunan kebo bule Kyai Slamet. Disebutkan dalam keraton.perpusnas.go.id, dahulu, kebo bule Kyai Slamet bukanlah hewan sembarangan. Pasalnya, ini adalah hewan kesayangan Paku Buwono II, sejak beliau masih berkuasa di Keraton Kartasura.  Hewan tersebut merupakan hadiah dari Kyai Hasan Beshari Tegalsari Ponorogo kepada Paku Buwono II. Mulanya, digunakan sebagai pengawal pusaka (cucuk lampah) bernama Kyai Slamet, saat beliau pulang dari Pondok Tegalsari ketika terjadi pemberontakan pecinan yang membakar Istana Kartasura. Dari situlah, kebanyakan masyarakat menyebutnya kebo bule Kyai Slamet.

 

Sedangkan, alasan disebut kebo bule karena warna kulit hewan tersebut warnanya putih agak kemerah-merahan. Hal ini mirip dengan warna kulit orang bule. Tidak seperti warna kulit kebo pada umumnya, mayoritas berwarna abu-abu gelap. Kebo Kyai Slamet pun berkembangbiak dan menghasilkan banyak keturunan. Sekarang, keberadaan mereka dijaga dan dirawat dengan baik dalam kandang yang diletakkan di Alun-alun Kidul. 

 

Hingga kini, saat keraton mengadakan kirab pada malam 1 Sura, kebo-kebo bule tersebut masih digunakan sebagai cucuk lampah. Ritual berlangsung tengah malam dan tepat pukul 00.00 WIB, kebo Kyai Slamet akan dikeluarkan dari kandangnya. Tetapi, ini juga melihat kondisi dari kebo Kyai Slamet. Karena, terkadang kebo baru keluar dari kandang selepas pukul 01.00 WIB. Dalam acara ini, sangat tergantung pada kebo Kyai Slamet. Karena, kirab pusaka belum bisa dilakukan jika kebo belum keluar dari kandangnya.

 

Tahun ini, Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, mengungkapkan telah memberi izin terkait penyelenggaraan kirab pusaka malam 1 Suro. Tetapi, masih menunggu hasil pemantauan kesehatan kebo Kyai Slamet, mengenai kabar adanya kasus virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang sempat menyerang salah satu dari mereka. Diharapkan, acara tahunan ini dapat terselenggara dengan lancar dan aman dengan mempertimbangkan keselamatan bersama.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

13

Visitors today

9

Visits total

425,338

Visitors total

330,672

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta