Pemerintah Kota Surakarta
Mulai 17 Juli 2022, Operasional Layanan KAI Commuter Sesuai SE Kemenhub Nomor 72 Tahun 2022
  July 29, 2022 13:45

Operasional pelayanan perjalanan kereta api komuter dalam satu wilayah/kawasan aglomerasi, yaitu KRL Jabodetabek, KRL Yogyakarta-Solo dan KA-KA Lokal di beberapa wilayah operasi akan diberlakukan sesuai Surat Edaran (SE) Kemenhub Nomor 72 tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian pada Masa Pandemi Covid-19 tanggal 8 Juli 2022. Layanan ini akan diterapkan mulai tanggal 17 Juli 2022.

 

Pada pemberlakuan SE ini, pengguna kereta api komuter wajib vaksin Covid-19 sebagai syarat menggunakan KRL maupun KA Lokal. Syarat menggunakan KRL maupun KA Lokal, antara lain memperlihatkan sertifikat vaksinasi dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi saat akan masuk area stasiun. Kemudian, penumpang harus memperlihatkan sertifikat vaksin minimal dosis pertama jika tidak menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Selain itu, diwajibkan pula untuk menggunakan masker dengan benar hingga menutup hidung, mulut, dan dagu secara sempurna sesuai dengan aturan, serta selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah naik kereta.

 

Khusus untuk pengguna KRL yang membawa anak-anak (balita), disarankan untuk menghindari kepadatan saat hendak menggunakan KRL. Petugas juga akan mengatur pergerakan penumpang anak-anak yang akan menggunakan KRL, selama tidak terlalu padat petugas akan mengizinkan untuk naik KRL.

 

Sementara, pelayanan KRL Jabodetabek dan KRL Yogyakarta-Solo sesuai dengan SE No.72 ini diperkenankan melayani pengguna hingga 80% dari kapasitas, dengan tempat duduk dapat terisi penuh. Sedangkan, untuk pengguna KA Lokal perkotaan di wilayah Merak, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya diperkenankan melayani jumlah kapasitas pengguna paling banyak 100% dari ketentuan, dimana untuk ketentuan pelayanan penjualanan tiket KA Lokal perkotaan yaitu 100% untuk penjualan tiket dengan tempat duduk dan tambahan kuota 50% penjualan tiket tanpa tempat duduk.

 

Saat ini, KRL Yogyakarta-Solo beroperasi dengan 20 perjalanan KRL per hari pada hari kerja mulai pukul 05.05-18.30 WIB. Khusus hari libur atau hari Sabtu dan Minggu beroperasi sebanyak 24 perjalanan mulai pukul 05.05-20.17 WIB.

 

Pelayanan perjalanan KA Lokal Prambanan Ekspres di wilayah Yogyakarta dengan relasi Yogyakarta-Kutoarjo PP, dioperasikan sebanyak 8 perjalanan tiap harinya. Petugas selalu melakukan pengendalian jumlah pengguna KRL yang dapat masuk ke kereta dengan melakukan penyekatan pengguna terutama di jam-jam sibuk. Untuk menghindari kepadatan di jam-jam sibuk, pengguna KRL diimbau menggunakan aplikasi KRL Access agar dapat memantau informasi kepadatan di stasiun, mengetahui posisi real time KRL dan jadwal perjalanan.

 

Jika Anda merencanakan perjalanan dengan KA Lokal, pemesanan, pembelian tiket, dan melihat jadwal ketersediaan tiket, dapat mengakses aplikasi KAI Access. Informasi lengkap dapat menghubungi call center KAI di 021-121 atau dapat dilihat melalui akun media sosial @commuterline.

 

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

29

Visitors today

20

Visits total

425,354

Visitors total

330,683

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta