Pemerintah Kota Surakarta
Closing Ceremony ASEAN Para Games 2022
  August 7, 2022 13:56

ASEAN Para Games 2022 resmi berakhir pada hari, Sabtu (6/8/) di Stadion Manahan Solo. Kontingen Indonesia sebagai tuan rumah berhasil mendapatkan predikat sebagai juara umum ASEAN Para Games 2022. Indonesia mendapatkan medali sebanyak 175 medali emas, 144 medali perak, dan 425 medali perunggu.

 

Acara ini juga dihadiri oleh Presiden RI, Joko Widodo beserta Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo beserta Ibu, Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka beserta Ibu Selvi Gibran Rakabuming, serta Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainuddin Amali.

 

Dalam mengakhiri pesta olahraga tersebut, Presiden Joko Widodo selaku pemimpin tuan rumah menutup ASEAN Para Games 2022 itu di Stadion Manahan Solo. Upacara penutupan ASEAN Para Games 2022 diawali dengan penampilan musik dan budaya-budaya lokal Indonesia.

 

Selain itu, acara diisi dengan penyerahan bendera ASEAN Para Games sebagai simbol penyerahan dari tuan rumah tahun ini kepada tuan rumah tahun depan. Penyerahan bendera diberikan secara estafet mulai dari Ketua Pelaksana INASPOC, Gibran Rakabuming Raka. Kemudian diserahkan kepada Senny Marbun selaku Ketua NPC Indonesia. Dari Senny, bendera diberikan kepada Presiden ASEAN Para Sports Osoth Bhavilai. Bendera kemudian diserahkan kepada putra Perdana Menteri Kerajaan Kamboja Hun Many dan berakhir di tangan Sekretaris Jenderal National Paralympic Committee Kamboja, Yi Veasna.

 

Penyerahan bendera APSF ini ditutup dengan pengibaran bendera Kamboja yang diiringi lagu kebanggsaannya, Noko Reach. Tak ketinggalan tarian resmi berlatar belakang keindahan negara Kamboja turut dipentaskan. Setelah resmi menyerahkan bendera sebagai tanda berpindahnya tuan rumah, lalu acara dilanjutkan dengan penampilan kreatif budaya Kamboja. 

 

Berbagai budaya Kamboja ditampilkan pada kesempatan tersebut. Penampilan budaya-budaya Kamboja ini berhasil mengundang decak kagum dan tepuk tangan dari penonton yang hadir di upacara penutupan ASEAN Para Games 2022. Acara ditutup dengan pesta kembang api diiringi musik dari penyanyi Indonesia, Yura Yunita.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

1

Visitors today

1

Visits total

425,533

Visitors total

330,783

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta