Pemerintah Kota Surakarta
Beda Cacar Monyet dengan Cacar Biasa
  August 7, 2022 13:12

Dewasa ini, dunia kembali dikejutkan dengan kemunculan virus yang mengakibatkan timbulnya penyakit cacar monyet atau monkeypox. Sebelumnya, penyakit ini pertama kali ditemukan menginfeksi manusia pada tahun 1970 di Republik Demokrasi Kongo. Kemudian, tanggal 6 Mei 2022 muncul kembali kasusnya dan telah terkonfirmasi positif di Negara Inggris. 

 

Jika dilihat sekilas, gejala yang ditimbulkan oleh cacar monyet sangat mirip dengan cacar air. Meskipun demikian, keduanya memiliki perbedaan yang mendasar. Ditinjau dari asal penyebabnya, cacar monyet disebabkan oleh virus monkeypox yang berasal dari genus (marga) Orthopoxvirus. Sementara, cacar air diakibatkan dari infeksi virus yang bernama varicella-zoster. Kemudian, virus yang menginfeksi monkeypox sifatnya zoonosis. Artinya, virus ini bisa menular dari hewan ke manusia maupun sebaliknya, dan juga dari manusia ke manusia. Sedangkan, pada cacar air hanya bisa menyebar dari manusia ke manusia. 

 

Mengenai gejala yang dikeluhkan penderita monkeypox, antara lain diawali dengan demam, sakit kepala hebat, limfadenopati (pembengkakan kelenjar getah bening), nyeri punggung, nyeri otot dan lemas. Limfadenopati dapat dirasakan di leher, ketiak atau selangkangan. Selain itu, muncul pula ruam pada kulit yang biasanya muncul pada wajah dan mulut terlebih dahulu, setelah itu menyebar ke seluruh tubuh.

 

Untuk cacar air, gejala yang ditimbulkan, meliputi  demam, sakit kepala, sakit tenggorokan, sakit kepala ringan, lemas, dan hilang nafsu makan. Dalam kasus cacar air, juga muncul ruam yang mulanya timbul di area dada dan punggung, lalu ke area wajah, hingga bagian tubuh lain termasuk di dalam mulut, kelopak mata, atau area kelamin.

 

Gejala cacar monyet dapat berangsur membaik dan sembuh dengan sendiri sekitar 2 sampai 4 minggu. Namun, berdasarkan kasus cacar monyet yang pernah menginfeksi penduduk di Afrika, telah menyebabkan kematian pada 1 dari 10 orang yang terjangkit virusnya. Tetapi, penyakit cacar air, meskipun mudah menular tidak menyebabkan kondisi yang serius pada penderita. Gejalanya dapat membaik dalam kurun waktu 4 sampai 7 hari. 

 

Salah satu langkah pencegahan kedua penyakit ini adalah dengan melakukan vaksinasi. Terdapat vaksin varicella yang digunakan untuk mencegah cacar air. Biasanya vaksin ini diberikan sebanyak dua dosis pada anak usia 12 bulan hingga 12 tahun. Mengenai penyakit cacar monyet, vaksinasi masih dalam tahap penelitian. 

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

425,857

Visitors total

330,980

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta