Pemerintah Kota Surakarta
Figur-figur Kemerdekaan Indonesia yang Berasal dari Kota Solo
  August 9, 2022 12:45

Bulan Agustus identik dengan bulan kemerdekaan di Indonesia. Hal ini dikarenakan bulan Agustus merupakan waktu dimana Indonesia memperoleh kemerdekaannya dari belenggu penjajahan yang bertahun-tahun mendiami Indonesia. Berbicara soal kemerdekaan, tahukan kamu tentang tokoh yang berasal dari Surakarta dan ikut berperan dalam Kemerdekaan Indonesia? Untuk mengetahui siapakah tokoh tersebut, yuk simak artikel berikut. 

 

Brigadir Jenderal Ignatius Slamet Riyadi atau yang lebih dikenal dengan Slamet Riyadi, merupakan sosok pahlawan kemerdekaan yang berasal dari Kota Solo. Beliau merupakan salah satu sosok pahlawan nasional yang lahir pada 26 Juli 1927 di Kampung Danukusuman, Kota Surakarta. Beliau merupakan sosok pahlawan yang menjadi tokoh utama dalam Peristiwa Serangan Umum Surakarta. 

 

Slamet Riyadi memimpin tentara Indonesia di Surakarta pada masa perang kemerdekaan melawan Belanda yang ingin kembali menjajah Indonesia. Pada tahun 1947, beliau juga ikut berperang merebut Ambarawa dan Semarang dari tangan Belanda. Setelah sukses dalam memimpin Agresi Militer I di Jawa Tengah, Slamet Riyadi kemudian dikirim ke garis terdepan pada 10 Juli 1950 sebagai bagian dari Operasi Senopati untuk menumpas pemberontakan Republik Maluku Selatan (RMS). Dan pada perang melawan RMS tersebut lah yang kemudian membuat Slamet Riyadi gugur karena terkena tembakan yang menembus baju besi dan perutnya. 

 

Slamet Riyadi gugur pada tanggal 4 November 1950 di usia 23 tahun, dan kemudian dimakamkan di Ambon. Brigjen Slamet Riyadi ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional Indonesia pada tanggal 9 November 2009. Bahkan hingga hembusan nafas terakhirnya, beliau tetap menyuarakan semangat kepada anak buahnya agar tetap melanjutkan perjuangannya dalam meraih kemerdekaan Indonesia. 

 

Dalam mengenang sosok keberanian dari Brigjen Slamet Riyadi, maka nama beliau diabadikan menjadi nama di sejumlah tempat, jalan dan benda untuk menghormati jasanya. Salah satunya yaitu dijadikan sebagai nama di sebuah jalan di Kota Solo, yaitu Jalan Slamet Riyadi. Jalan ini termasuk tipe jalan satu arah yang memanjang ke timur mulai dari Tugu Purwosari hingga Simpang Tiga Gladag.

Agnia Primasasti
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

223

Visitors today

176

Visits total

380,819

Visitors total

298,045

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta