Pemerintah Kota Surakarta
Imunisasi Kejar, Apa Maksudnya?
  August 12, 2022 13:10

Kita semua tahu bahwa imunisasi idealnya harus tepat waktu untuk membangun kekebalan tubuh optimal agar bisa melindungi si kecil dari berbagai penyakit yang bisa dicegah dengan imunisasi. Namun masalahnya, terkadang jadwal imunisasi terlewat dengan berbagai alasan. Karena si kecil sakit, misalnya, atau saat jadwal imunisasi, kita dan si kecil sedang berada di luar kota, dan sebagainya.

Adapun jenis imunisasi rutin lengkap terdiri dari, pertama, Imunisasi Dasar Lengkap pada Bayi Usia 0-11 bulan meliputi HB0 1 dosis, BCG 1 dosis, DPT-HB-Hib 3 dosis, Polio tetes (OPV) 4 dosis, Polio suntik (IPV) 1 dosis, Campak Rubella 1 dosis. Dilanjutkan, Imunisasi Lanjutan Balita pd anak usia 18-24 bulan meliputi DPT-HB-Hib 1 dosis, Campak Rubella 1 dosis. Dan yang terakhir, Imunisasi Lanjutan Anak Sekolah Dasar/sederajat pada Program Tahunan BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah) meliputi Campak Rubella dan DT pada anak kelas 1, Td pada anak kelas 2 dan 5.

Dengan kesibukan yang harus dijalani, ada kalanya Anda sebagai orangtua mungkin lupa dengan jadwal imunisasi anak. Hal ini membuat anak jadi terlambat atau bahkan melewatkan imunisasi. Namun, Anda tak perlu khawatir berlebihan. Jika telat beberapa hari dari jadwal, segera konsultasi ke dokter. Biasanya dokter akan menganjurkan anak untuk melakukan vaksinasi susulan. Satu hal yang perlu digaris bawahi adalah tidak ada kata terlambat untuk mengusulkan imunisasi yang sudah terlanjur terlewat.

Bagi anak yang terlanjur terlewat masa imunisasi, Pelayanan kesehatan biasanya memberikan vaksinasi gratis, seperti rumah sakit daerah (RSUD), Puskesmas, maupun Posyandu. Orang tua bisa bertanya atau meminta penjelasan ke dokter maupun bidan terkait program imunisasi yang akan dilakukan anak nantinya. Para orang tua bisa meminta penjelasan tentang jenis vaksin yang digunakan, merek vaksinnya, hingga efek samping imunisasi dan hal-hal lain yang harus diwaspadai setelah imunisasi. Bila merasa belum mengerti bisa konsultasi dengan dokter sampai benar-benar paham.

Perlu diperhatikan, pendaftaran imunisasi kejar dilakukan setelah berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Diharapkan kedepannya, para orang tua bisa menjadi lebih peduli dan perhatian kepada sang buah hati agar pertumbuhan sang buah hati bisa sempurna dan sehat dengan adanya imunisasi kejar.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

3

Visitors today

3

Visits total

425,646

Visitors total

330,850

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta