Pemerintah Kota Surakarta
Jenis Campak yang diberikan pada BIAN Agustus
  August 12, 2022 12:35

Selama pandemi Covid-19 periode 2019-2021, cakupan imunisasi dasar lengkap pada bayi turun drastis. Ada sekitar lebih dari 1,7 juta bayi yang belum mendapatkan imunisasi dasar selama periode tersebut. Kemudian, pada tahun 2022 ini, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) berupaya untuk menaikkan kembali cakupan imunisasi rutin terhadap anak. Hal itu dilakukan karena cakupan imunisasi anak selama pandemi Covid-19 menurun secara signifikan

 

Upaya yang dilakukan oleh Kemenkes RI adalah mencanangkan program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN). BIAN merupakan program pemberian imunisasi tambahan campak-rubella. Selain itu, program ini juga bertujuan  untuk melengkapi dosis imunisasi kejar, seperti Polio dan DPT-HB-Hib yang terlewat.

 

Agar nantinya program Bulan Imunisasi Anak Nasional ini bisa merata menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Kementerian Kesehatan bakal menggelar BIAN selama dua tahap. Tahap I di seluruh provinsi di luar Pulau Jawa dan Bali yang sudah dimulai sejak bulan Mei 2022 dan masih berlangsung hingga saat ini, dengan imunisasi yang diberikan berupa imunisasi campak-rubella untuk usia 9 sampai 15 tahun. Serta pemberian imunisasi kejar untuk anak usia 12 sampai 59 bulan yang tidak lengkap imunisasi OPV, IPV, dan DPT-HB-Hib.

 

Sedangkan, untuk BIAN tahap 2 akan berlangsung di seluruh provinsi di Pulau Jawa dan Bali mulai bulan Agustus 2022. Imunisasi yang diberikan adalah imunisasi campak-rubella menyasar usia 9 sampai 59 bulan, dan imunisasi kejar pada anak usia 12 sampai 59 bulan yang belum lengkap mendapatkan imunisasi OPV, IPV, dan DPT-HB-Hib.

 

Yuk, ikut dan lakukan imunisasi lengkap untuk anak pada Bulan Imunisasi Anak Nasional. Jangan sampai terlewat ya! Pastikan anak mendapatkan seluruh dosis yang diberikan. Agar anak tumbuh sehat dan terhindar dari penyakit.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

425,912

Visitors total

331,004

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta