Pemerintah Kota Surakarta
Slamet Riyadi: Landmark Kota Solo dan Perjuangan Kemerdekaan RI
  August 18, 2022 12:30

Slamet Riyadi memiliki nama lengkap Ignatius Slamet Riyadi yang lahir di Kota Surakarta, Jawa Tengah pada tanggal 26 Juli 1927. Beliau adalah putra kedua dari pasangan Raden Ngabehi Prawiropralebdo dan Soetati. Beliau lahir dari keluarga yang sederhana yang ayahnya merupakan seorang perwira tentara serta abdi dalem Kasunanan Surakarta dan Ibunya berprofesi sebagai penjual buah. 

 

Kemudian, jiwa kemiliteran yang dimiliki Slamet Riyadi tersebut menurun dari ayahnya. Selama hidup, Slamet Riyadi dikenal sebagai sosok yang tegas dan pemberani. Bahkan hampir semua peristiwa kepahlawanan di Kota Solo berada di bawah kepemimpinannya. Karena keberaniannya dan keberhasilannya dalam melawan musuh, kemudian beliau diangkat sebagai Komandan Batalyon saat usianya masih 19 tahun. 

 

Slamet Riyadi menjadi tokoh utama pada peristiwa serangan umum di Solo pada tanggal 7-10 Agustus 1949. Serangan tersebut berlangsung selama empat hari empat malam. Saat serangan yang dipimpin Slamet Riyadi terjadi, pasukan Belanda benar-benar terdesak dan akhirnya mereka pun mengalami kekalahan. Pertempuran dengan Belanda pada serangan tersebut kemudian ditutup dengan prosesi serah terima Kota Solo yang dimediasi oleh pihak United Nations Commision for Indonesia (UNCI). 

 

Perjuangan Slamet Riyadi tidak berhenti begitu saja. Kemudian pada tanggal 10 Juli 1950, beliau kembali ditugaskan untuk berangkat ke Ambon untuk menumpas pemberontakan Republik Maluku Selatan (RMS). Namun sayangnya, pada perlawanan tersebut beliau gugur dalam pertempuran melawan pemberontak. Beliau terkena tembakan pada bagian perut saat hendak turun dari panser untuk memberikan aba-aba kepada anak buahnya. Dan pada saat itulah kemudian beliau wafat. Beliau dimakamkan di Tulehu, Maluku Tengah. 

 

Untuk mengenang sosok perjuangan dan keberanian dari Slamet Riyadi, maka dibangunlah beberapa landmark di Kota Solo. Salah satunya yaitu dibangun sebuah monumen bernama Monumen Slamet Riyadi yang berlokasi di Kota Solo. Monumen Slamet Riyadi diresmikan pada tanggal 12 November 2007 oleh Kasad Jenderal TNI Joko Santoso. Selain dijadikan sebagai monumen, nama Slamet RIyadi juga dijadikan sebagai salah satu jalan yang ada di Solo. kemudian pada tanggal 9 November 2007, Slamet Riyadi juga ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional Indonesia dan dianugerahi Bintang Maha Putra Adi Pratama.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

425,469

Visitors total

330,745

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta