Pemerintah Kota Surakarta
Pentingnya Vaksin Booster
  August 21, 2022 12:15

Pandemi Covid-19 belum sepenuhnya usai. Oleh karena itu, kita harus selalu waspada dan melakukan segala upaya pencegahan agar tidak tertular Covid-19. Diantaranya dengan penerapan protokol kesehatan ketat. Hal ini bisa dilakukan dengan selalu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilitas maupun interaksi.

 

Selain itu, melakukan vaksinasi menjadi langkah yang tak kalah penting untuk dapat mencegah penularan virus Covid-19 ini. Sebab, perlindungan diri dari dalam yakni melalui vaksin, dapat meningkatkan imunitas tubuh menjadi lebih kuat. Hal ini dapat membuat tubuh lebih kebal terhadap segala jenis penyakit, terutama virus Covid-19 ini.

 

Beberapa jenis vaksin yang tersedia di Indonesia yaitu Sinovac, Astrazeneca, Moderna, Pfizer, hingga Jansen. Seluruhnya bisa diperoleh di fasilitas kesehatan terdekat, seperti puskesmas, rumah sakit, ataupun fasilitas publik yang ditunjuk. Adapun vaksin lengkap yang harus diperoleh masyarakat mencakup vaksin dosis 1, dosis 2, dan juga vaksin dosis 3 atau booster. Masyarakat wajib memperoleh ketiga jenis vaksin tersebut guna memberikan perlindungan ekstra terhadap virus Covid-19. 

 

Pemberian vaksin booster memiliki sejumlah manfaat untuk tubuh, khususnya untuk memperpanjang efektivitas vaksin dalam tubuh seseorang. Vaksin booster diperlukan, ketika tubuh tidak merespon secara memadai. Artinya apabila dua dosis vaksin yang telah diberikan sebelumnya tidak membuat tubuh merespon dengan maksimal. Alasan yang kedua yaitu waktu kekebalan. Seiring berjalannya waktu, bisa saja kekebalan tubuh menurun, maka dengan pemberian vaksin booster dapat memperkuat kekebalan tubuh kembali. Ketiga adalah kinerja vaksin. Diperkirakan bahwa dosis vaksin yang diberikan sebelumnya belum sepenuhnya mampu memproteksi tubuh dari serangan virus Covid-19. Oleh karenanya, diperlukan vaksin booster untuk memperkuat antibodi.

 

Mengingat pentingnya dan efek positif yang dihasilkan dari pemberian vaksin booster, maka kita harus memastikan tubuh telah terlindungi dengan sudah mengikuti vaksinasi Covid-19 dosis lengkap. Dengan begitu, virus Covid-19 akan lebih sulit menginfeksi tubuh dan angka penyebarannya dapat ditekan. Sehingga, dapat mengurangi jumlah kasus terinfeksi Covid-19. Mari ikut vaksin!

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

1

Visitors today

1

Visits total

425,531

Visitors total

330,781

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta