Pemerintah Kota Surakarta
Nasi Liwet: Ikon Kuliner Solo
  September 4, 2022 11:30

Masyarakat Kota Solo pasti tidak asing dengan salah satu makanan ini, hidangan yang sering sekali menjadi menu favorite untuk makan pagi maupun makan malam. Ya, nasi liwet atau sego liwet namanya. Nasi liwet, merupakan hidangan khas Kota Solo berupa nasi gurih yang diolah menggunakan air santan. 

 

Nasi liwet khas Kota Solo berbeda dengan nasi liwet yang berada di Jawa Barat maupun daerah lainnya. Ciri khas dari nasi liwet Kota Solo, yaitu nasi dengan bumbu gurih dan disiram dengan kuah sayur labu siam. Pendamping untuk makan nasi liwet pun beragam, bisa menggunakan ayam suwir maupun telur rebus. Selain itu, penyajian nasi liwet juga unik, yakni disajikan dengan menggunakan daun pincuk yang menjadikan penikmat nasi liwet merasakan sensasi yang berbeda.  

 

Sejarah nasi liwet berasal dari masyarakat desa Menuran, Kabupaten Sukoharjo yang menjual nasi liwet seperti makanan yang pada umumnya dijual saat itu. Namun tak disangka penggemar nasi liwet ini semakin lama semakin banyak dan kini menjadi salah satu menu andalan masyarakat Solo. Sehingga tidak sedikit orang-orang mulai tertarik untuk membuka bisnis kuliner nasi liwet. 

 

Sejarah lain juga menyebutkan bahwa nasi liwet merupakan salah satu menu yang sering kita temukan ketika Maulid Nabi. Awal mula terciptanya nasi liwet yaitu dikarenakan masyarakat setempat terinspirasi dengan nasi samin yang digadang-gadangkan merupakan salah satu menu favorite nabi. Namun, dikarenakan pada saat itu masyarakat tidak dapat menemukan minyak samin makan sebagai penggantinya tercetuslah nasi liwet yang terbuat dari air kelapa. 

 

Bahkan, nasi liwet telah dikukuhkan menjadi ikon kuliner Kota Solo. Agenda ini berlangsung hari Minggu (19/6/2022), yang bertempat di Halaman Balaikota Surakarta. Banyaknya penjual nasi liwet di kota ini, membuat nasi liwet dinobatkan menjadi salah satu ikon kuliner Kota Solo. 

 

Anda bisa menemukan banyak sekali penjual nasi liwet disini, salah satunya yang terkenal, yaitu Nasi Liwet Yu sani yang berada di Jalan Veteran daerah Gajahan, Kecamatan Pasar Kliwon Solo. Harga untuk satu porsi Nasi Liwet disini terbilang cukup murah dengan porsi melimpah. Jika berkunjung ke Kota Solo, jangan lupa mencobanya ya!

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

1

Visitors today

1

Visits total

425,533

Visitors total

330,783

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta