Pemerintah Kota Surakarta
Fasilitasi Halal 2022 Dinkopukmperin Surakarta
  September 6, 2022 12:45

Sertifikat halal berperan penting dalam keberhasilan suatu usaha. Sebab dengan kepemilikan label halal dalam produk yang dipasarkan akan menambah nilai jual produk tersebut. Hal ini dikarenakan, konsumen akan menaruh percaya lebih mengenai produk yang telah memiliki label halal daripada yang belum. Kepercayaan konsumen dapat menciptakan loyalitas, sehingga produk akan laku lebih banyak. 

 

Untuk mendukung perkembangan para pelaku usaha di Kota Solo, Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, dan Perindustrian (Dinkopukmperin) Kota Surakarta memberikan fasilitas halal. Adapun fasilitas ini bertujuan untuk memudahkan para pelaku usaha dalam mengurus legalitas label halal untuk produk yang dipasarkan. 

 

Pemohon terlebih dahulu harus melakukan pendaftaran pada link https://bit.ly/HALAL2022. Dalam form tersebut, pemohon harus melengkapi data-data yang diperlukan, antara lain email yang masih aktif, nama lengkap pemohon, Nomor Induk Kependudukan (NIK), alamat lengkap, nama IKM (Industri Kecil Menengah), NIB, alamat produksi, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Perlu dicatat, data yang dimasukkan harus sesuai dengan yang tertera pada KTP.

 

Kemudian, pemohon juga diwajibkan untuk mengunggah persyaratan dalam bentuk dokumen, di antaranya company profile, foto KTP, foto NIB, foto NPWP, foto produk, dokumen izin edar P-IRT, serta dokumen BPOM (jika sudah memiliki). 

 

Syarat yang harus dipenuhi pemohon fasilitas halal, meliputi:

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli Surakarta, 
  2. Nomor Induk Berusaha (NIB), 
  3. Surat Pendaftaran, 
  4. Surat Permohonan yang dapat diakses melalui link https://halal.go.id/infopenting, 
  5. Keputusan Penetapan Penyelia Halal,
  6. Daftar Nama Produk dan Bahan, 
  7. Dokumen Proses Pengolahan Produk, dan 
  8. Dokumen Izin Edar P-IRT. 

 

Seluruh berkas fisik dikumpulkan ke Dinkopukmperin, yang berlokasi di Jalan Yosodipuro Nomor 162, Mangkubumen, Kecamatan Banjarsari. Paling lambat pengumpulan berkas yakni pada tanggal 9 September 2022. Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi nomor 0896-1932-5552. Ayo, segera urus sertifikasi halal pada produk usaha milikmu!

 

 

 

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

3

Visitors today

3

Visits total

425,855

Visitors total

330,979

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta