Pemerintah Kota Surakarta
Night Market Ngarsopuro, Destinasi Wisata UMKM di Kota Solo
  September 9, 2022 12:30

Kamu suka jalan-jalan malam berkeliling kota, tapi suka bingung mau nongkrong dimana? Jika kamu berada di Kota Solo, kamu gak perlu bingung lagi. Karena di Kota Solo terdapat berbagai macam destinasi wisata malam hari yang patut untuk dikunjungi. Salah satunya yaitu Ngarsopuro Night Market yang terletak di Jantung Kota Solo atau tepatnya di Jalan Diponegoro, Keprabon, Banjarsari Solo, di sepanjang Koridor Ngarsopuro.  

 

Ngarsopuro Night Market atau Pasar Malam Ngarsopuro sudah ada sejak tahun 2009. Yang pertama kali mencetuskan pasar malam tersebut adalah Joko Widodo, pada masa itu menjabat sebagai Walikota Solo. Night Market Ngarsopuro tersebut buka setiap hari Sabtu malam, yang dimulai pada pukul 19.00-22.00 WIB. 

 

Di Night Market Ngarsopuro dijual beraneka ragam barang. Mulai dari fashion, kuliner, dan souvenir tersedia di pasar ini. Yang menjadikan pasar malam tersebut unik, adalah barang-barang yang dijual di pasar malam tersebut semuanya menggambarkan ciri khas Kota Solo. Seperti beraneka ragam macam batik, souvenir yang menggambarkan Kota Solo, kuliner khas Kota Solo, dan berbagai macam barang khas Kota Solo lainnya.

 

Kegiatan Night Market Ngarsopuro ini sempat terhenti selama dua tahun, akibat dari pandemi Covid-19. Namun setelah terhenti selama dua tahun, kini Ngarsopuro Night Market telah dibuka kembali secara resmi pada tanggal 9 April 2022. Bahkan hingga kini night market tersebut masih rutin beroperasi dan terbilang ramai oleh banyak pengunjung. Namun untuk saat ini lokasi Night Market Ngarsopuro telah mengalami perubahan. Perubahan tersebut terjadi sejak bulan Juli 2022. 

 

Namun, yang biasanya Night Market Ngarsopuro rutin digelar di depan Pasar Triwindu, kini berubah lokasi dipindah di sisi barat Stadion Sriwedari dan Museum Keris, atau lebih tepatnya di Jalan Bhayangkara. Pemindahan sementara tersebut dilakukan karena adanya proyek pedestrian kota di Jalan Gatot Subroto.

 

Walaupun lokasi Night Market telah berpindah, kamu tetap bisa menikmati wisata malam di Kota Solo ini dengan penuh cerita. Selain menyuguhkan berbagai barang khas Kota Solo, di Night Market Ngarsopuro kamu juga bisa menemukan berbagai macam keunikan khas Kota Solo lainnya. Jadi tunggu apalagi? Yuk segera berkunjung ke Night Market Ngarsopuro. Dan ikut berpartisipasi dalam mendukung gerakan UMKM Kota Solo.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

2

Visitors today

1

Visits total

424,962

Visitors total

330,423

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta