Pemerintah Kota Surakarta
Siap-siap! Rock in Solo Akan Kembali Manggung Tahun ini
  September 16, 2022 12:15

Rock in Solo Festival merupakan salah satu agenda besar yang akan digelar di Kota Solo. Ini merupakan ajang pertunjukkan musik metal dan sejenisnya yang berasal dari band-band lokal hingga mancanegara. Agenda ini merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu penggemar. Sebab, acara ini telah vakum pada beberapa tahun ke belakang. 

 

Rencananya, Rock in Solo akan kembali digelar pada 30 Oktober 2022. Hal ini dibenarkan oleh pihak penyelenggara saat melakukan konferensi pers, yang bertempat di Gedung Wayang Orang Sriwedari, pada Kamis (15/9). Acara ini dibuka dengan penampilan Gatotkaca Gandrung. Dalam acara ini juga dihadiri Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka. 

 

Rock in Solo Festival telah vakum sejak tahun 2015. Namun, Walikota Surakarta terus mendorong agar event besar ini dilakukan kembali. Hingga bisa terwujud tahun ini, yang rencananya akan diadakan pada tanggal 30 Oktober 2022. Venue yang digunakan adalah Benteng Vastenburg, lokasinya ada di Kedung Lumbu, Pasar Kliwon. Pemilihan venue dilatarbelakangi, karena tempat ini sebagai salah satu cagar budaya yang dimiliki Kota Solo.

 

Sebelum puncaknya, akan ada beberapa rangkaian acara. Pada 18 Desember 2021 lalu, penyelenggara telah mengadakan Apokaliptika: A Journey of Rock In Solo, yang menampilkan Down For Life bersama sederet talenta terbaik dari musisi lokal. Selanjutnya, pada tahun 2022, penyelenggara telah mempersiapkan A Journey of Rock in Sale: Chapter. Acara ini akan digelar di enam kabupaten yang tersebar di Soloraya. Di antaranya Boyolali (18 September 2022), Wonogiri (25 September 2022), Sragen (2 Oktober 2022), Sukoharjo (9 Oktober 2022), Klaten (16 Oktober 2022), dan Karanganyar (23 Oktober 2022).

 

Selain itu, akan ada beberapa acara sampingan, seperti Rockparade, Rockscreen, Rockinalle, Rockmarket dan Rockcon dengan puncak acara di hari terakhir adalah gelaran Rock In Solo Open Air 2022.

  • Rockparade

Merupakan pertunjukan musik di luar panggung utama Rock In Solo Open Air 2022 yang akan menjadi bagian dari rangkaian acara festival. Rockparade akan digelar di beberapa bar/café di Solo.

  • Rockscreen

Kancah perfilman Indonesia dalam lima tahun terakhir cukup banyak dipenuhi oleh sinema musik, dari dokumenter band hingga acara. Acara ini menampilkan film-film tersebut dan bisa dinikmati baik oleh penggemar musik juga penonton umum.

  • Rockinalle

Musik metal memiliki hubungan erat dengan seni visual, mulai dari artwork t-shirt, cover album sampai dekorasi panggung. Hal tersebut yang coba diangkat oleh Rock In Solo dengan mengadakan eksibisi seni Rockinalle di galeri seni Tumurun, Solo dengan menampilkan karya-karya dari para seniman musik cadas Indonesia.

  • Rockmarket

Sudah bukan rahasia kalau penggemar musik metal adalah pembeli yang loyal dan royal. Sebelum acara puncak dimulai, para penggemar akan dimanjakan dengan Rockmarket yang berisi merchandise terbaik.

  • Rockcon

Hal baru yang coba ditawarkan oleh Rock In Solo adalah dengan mengadakan Rockcon, sebuah konferensi musik yang akan mendatangkan perwakilan dari festival musik dan label mancanegara serta perwakilan festival-festival musik rock dan metal dalam negeri.

Sejumlah band yang turut meramaikan gelaran acara Rock in Solo 2022 ini, yaitu dari musisi lokal Down for Life, MTAD, Roxx, Iron Voltage, Fraud Hardcore, Deicide, Navicula, Serigala Malam, Sworn, Extreme Decay, MCPR, Paranoid Despire, Pure Wrath. Selain itu, ada juga dari musisi mancanegara, yakni Suffocation dan Fit for an Autopsy.

Mengutip dari laman resmi Rock in Solo, harga tiket nonton Rock in Solo 2022 yang ditawarkan, dibanderol dengan harga Rp172.500,00 (seratus tujuh puluh dua ribu lima ratus rupiah) untuk presale. Tiket online hanya tersedia di website loket.com yang dibuka mulai tanggal 1 September 2022. 

 

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

19

Visitors today

11

Visits total

425,315

Visitors total

330,657

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta